Perusahaan uBeam Tunjukkan Teknologi Wireless Charging di Demo Publik Pertamanya

Sumber : Engadget

Sobat SPACERS, pada awal Februari 2017 lalu, salah satu perusahaan teknologi asal Silicon Valley, Amerika Serikat, “memamerkan” teknologi Wireless Charging baru buatan mereka di-demo publik pertamanya yang diadakan di Upfront Summit, Los Angeles. Teknologi Wireless Charging ini merupakan sebuah “revolusi” baru di industri teknologi, dimana dengan menggunakan teknologi ini, para pengguna devices, terutama pengguna smartphone, tidka perlu lagi mengisi baterai perangkat mereka dengan menggunakan alat charging conventional, yaitu kabel. Namun, dengan teknologi ini, pengguna dapat langsung melakukan charging terhadap perangkat mereka melalui gelombang ultrasonik (ultrasound waves). Hal ini pun membuat smartphone atau perangkat elektronik lainnya dapat di-charge dari tempta-tempat yang masih berada di dalam jangkauan dari gelombang tersebut.

Baca lainnya  Fakta-Fakta Penting Yang Perlu Diketahui Para Investor Apple Mengenai App Store (Part 2)
Sumber : Engadget

uBeam ini sendiri merupakan perusahaan yang sifatnya masih cukup “misterius” di Amerika Serikat. Hal ini karena sepak terjang uBeam, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, khususnya dalam pengembangan sistem wireless charging ini, msih belum terlalu signifikan di industri teknologi di Amerika Serikat. Dipimpin oleh Meredith Perry, perusahaan ini seringkali diragukan ide-ide nya, dimana banyak pihak mempertanyakan apakah ide yang dikemukakan oleh uBeam mampu di-relaisasikan secara tepat. Salah satu ide yang dipertanyakan keberhasilannya di pasar adalah ide mengenai wireless charging menggunakan gelombang suara ultrasonik (ultrasound charging) ini.  Beberpaa ahli menyataka bahwa akan sangat sulit bagi uBeam untuk dapat merealisasikan ide ini, mengingat efisiensi dari penggunaan gelombang suara sebagai perantara sangatlah rendaah. Selain itu, adanya hambatan-hambatan yang terjadi ketika proses perambatan gelombang ini terjadi akan mengganggu proses charging dari perangkat yang sedang diisi baterainya. Sehingga, banyak ahli meragukan bahwa ide ini dapat ter-realisasikan dengan sukses.

Baca lainnya  Perancang Skuter Vespa Ciptakan Robot Yang Dapat Membantu Kita Membawa Barang

Namun, kenyataannya, uBeam mampu membuktikan bahwa ide ini dapat ter-realisasikan dengan baik dengan memamerkan dan mengoperasikan alat tersebut di sebuah demo publik di Los Angeles. Cuplikan pendek dari demonstrasi produk tersebut pun dapat dilihat di video di bawah ini

Mengenai teknologi dan perangkat ini sendiri, uBeam mengatakan bahwa mereka berharap bahwa perangkat ini dapat diperkecil ukurannya. Tujuannya adalah agar setiap orang dapat membeli produk ini, dapat membawanya disaat berpergian secara praktis. Mengenai hal ini, banyak sumber menyatakan bahwa uBeam ini mengubah bentuk dari perangkat ini menjadi seperti sebuah satelit berukuran bulat (Disc-Shaped Satellite). Namun, meskipun telah dipamerkan, masih banyak peranyaan yang diajukan mengenai produk ini, seperti bagaimana konsistensi dari perangkat ini dan apakah perangkat ini dapat benar-benar bekerja dengan baik seperti yang telah dipresentasikan. Namun, meskipun demikian, harus kita akui bahwa ide ini merupakan ide yang bagus dan banyak pihak berharap bahwa ide ini dapat segera menjadi kenyataan dan dapat diproduksi secara massal secepat mungkin.

Baca lainnya  Ternyata Inilah Fungsi Lubang Kecil Yang Terdapat Pada iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here