Hai Spacers, pada tahun 2015 muncul suatu anime yang seketika menjadi anime yang trending atau booming, bernama One Punch Man, sebuah seri anime, 12 episode, bukan jumlah yang banyak, namun penuh dengan nilai dan pelajaran di setiap episode. Anime yang berjudul One Punch Man ini atau Laki Laki dengan Satu Pukulan, memiliki kekuatan sesuai dengan namanya, ia dapat menghabisi musuh-musuhnya hanya dengan satu pukulan.

sumber : one punch man

Saitama yang merupakan nama asli dari One Punch Man, merupakan seorang yang memiliki tampilan tidak seperti biasanya superhero terlihat, dengan kepala yang botak, dan expresi datar. Diluar dari penampilan si pahlawan, cerita yang dihadirkan bukan hiburan semata, tetapi juga mengandung pesan moral atau pelajaran hidup. Inilah satu kelebihan dari anime Jepang. Di serial ‘One Punch Man’, Saitama engga hanya dijadikan tokoh utama sebagai brand, tapi juga sebagai panutan. Walaupun fiksi, wajar kalo kita mengidolakannya.

sumber : one punch man

Dalam anime ini, diceritakan bahwa terkadang hidup tidak berjalan sesuai dengan harapan. Saat Saitama ingin menjadi seorang karyawan dengan penghasilan tetap, ia ditolak di mana-mana. Sampai akhirnya ia memilih menjadi seorang superhero yang merupakan impiannya. Bagaimana caranya? Berbagai latihan dijalani selama tiga tahun berturut-turut. Di dalam cerita, bahkan saat push up kesekian kali dan tangannya retak ia tetap melanjutkannya hingga 100 kali. Sungguh merupakan suatu jerih payah yang berada di level super. Saat semua fasilitas, kemudahan, dan hiburan yang tersaji di era kita ini, jangan sampai kita kehilangan arah.

Baca lainnya  Anime Stasiun Televisi Lokal Yang Bikin Nostalgia

Nah inilah beberapa nilai yang tersembunyi dari anime One Punch Man, disimak ya Spacers!

  1. Memiliki kekuatan yang melebihi semua orang, namun tetap memberi pujian dan berterima kasih

Sebagai pahlawan, Saitama pun pernah diselamatkan oleh temannya, Genos, yang jauh lebih lemah. Dia tak pernah sungkan untuk memuji dan berterimakasih. Perhatikan sekelilingmu. Rasakan bantuan-bantuan kecil yang kamu dapat dari orang di sekitar kamu. Hargai dan apresiasi setiap pertolongan, pemberian dan perhatian yang diberikan orang lain kepada kamu meskipun dia tidak mengharapkannya, Ini akan mendorongmu dan dia untuk mau menolong orang lain lagi.

  1. Ketika dunia menertawakanmu, tetap tersenyum, karena kamu berbuat sesuatu untuk sebuah alasan yang kamu yakini
Baca lainnya  Beelzebub dan Dhianeila. Yakin Nama Mereka Hanya 1 Kata Saja?

Di salah satu episode, Saitama dihadapi dengan tuduhan oleh warga kotanya sendiri. Ketika sebuah meteor raksasa ingin jatuh ke kota dan superhero yang lain sudah engga sanggup menahan laju meteor, Saitama memukulnya dengan satu kali pukulan.

Pukulan itu menyebabkan hancurnya meteor dan kepingannya memporak porandakan kota. Warga kota menyalahkan aksi heroiknya dan mencaci-maki Saitama. Padahal, jika meteor itu engga dihancurkan, kota itu dapat musnah seketika. Terkadang, orang-orang disekitar kita tidak peduli dengan jerih payah kita, dan bahkan bantuan yang kita berikan dianggap sebagai cara yang salah.

Baca lainnya  Ini Dia Top 5 Drama Live Action yang Jadi Tontonan Wajib Buat Pecinta Manga

Kemudian jangan mengharap balas budi atas kebaikanmu, dengan harapan bila kini kita berbuat kebaikan untuk menolong orang lain, maka kelak bila diperlukan, kita mengharapkan orang yang kita tolong akan membalas budi kepada kita. Karena bila hal ini dilakukan, maka kelak kita akan merasakan kekecewaan.

  1. Masalah Pasti terjadi, Lari Dari Hal Tersebut, Bukan Solusi.

One Punch Man tak akan lari dari masalah. Saat menghadapi Tuan Kanirante (episode 1), dia tak berniat menghindar ataupun lari. Masalah akan selalu ada, itu manusiawi. Masalah terbesar dari sebuah masalah sebenarnya bagaimana kamu menyikapinya, bukan tertuju pada masalahnya atau penyebabnya. Menghindari masalah tidak akan memperbaiki apapun. Hadapi masalahmu daripada memendamnya. Memendam permasalahan itu ibarat bom waktu yang suatu saat akan meledak.

Nah itudia Spacers, nilai tersembunyi yang kamu dapatkan dari menonton anime one punch man, nantikan One Punch Man season 2 di tahun ini yaa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here