Produk – Produk ‘Gila’ Yang Gak Kamu Tau ini, Ternyata Buatan Google!

Produk - Produk 'Gila' Yang Gak Kamu Tau ini, Ternyata Buatan Google! - Spot_
Source: http://www.dailymail.co.uk/

Sepintas jika kata ‘Google‘ lewat dipikiran kita, otomatis dipikiran kita pasti sebuah ‘Search Engine‘, ya kan? Nah, sebetulnya Google ini mempunyai banyak anak perusahaan di berbagai industri. Tetapi, pada taun lalu (2015) Google mendirikan sebuah perusahaan yang menjadi induk untuk Google itu sendiri, yaitu Alphabet. Berbagai anak perusahaan yang sebelumnya dibawah Google, sekarang mereka dibawah naungan Alphabet, bahkan Google itu sendiri. Nah, sekarang Spasikamu mau ngasih tau produk – produk ‘Gila‘ yang mungkin saja kamu tidak tahu, ternyata buatan Google! Apa aja ya? Yuk langsung aja kita simak!

1Misi Luar Angkasa – Space Elevator!

Source: https://www.extremetech.com

Siapa yang sangka, perusahaan dari mesin pencari ini mempunyai ambisi untuk sebuah misi luar angkasa? Pada November 2014, Nasa mengumumkan bahwa telah bekerja sama dengan Planetary Ventures, salah satu anak perusahaan dari Google. Planetary Ventures menyewa sebuah penyewaan tempat eksplorasi ruang angkasa, Moffett Field, dengan dana $1.16 Miliar untuk jangka waktu selama 60 tahun. Tentu hal ini seakan membenarkan isu sebelumnya bahwa Google akan membuat sebuah ‘proyek ambisius‘ yaitu Space Elevator.

Space Elevator adalah sebuah konsep lift atau elevator dari bumi yang terkoneksi dengan Stastiun Luar Angkasa. Tujuannya adalah untuk mempermudah & mempercepat proses logistik barang ke Stasiun Luar Angkasa. Space Elevator dikabarkan menjadi proyek masa depan Google dibawah naungan GoogleX.

2AlphaGo, sebuah AI yang dapat mengalahkan Juara Dunia Catur Go!

Source: http://macguyver.kr

Mungkin sampai saat ini Spacer masih belum percaya jika suatu saat, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat mengalahkan ‘otak manusia‘. Tetapi ada hal yang mengejutkan tentang hal tersebut. Tahun lalu, Juara Catur Go dunia berasal dari Korea Selatan, Lee Sedol, dikalahkan oleh sebuah program AI yang bernama AlphaGo. AlphaGo adalah sebuah program AI yang dibuat oleh Deepmind, salah satu anak perusahaan dari Google.

Baca lainnya  Fakta Menarik Mengenai Blackberry Key One

Peristiwa ini tentu membuat banyak pihak semakin yakin bahwa dimasa depan, AI dapat mengalahkan otak manusia. Dalam permainan Catur Go, terdapat banyak sekali langkah unik & variasi yang dapat terjadi. Dikabarkan ada kemungkinan 129.960 langkah yang dapat terjadi setelah putaran pertama. Lalu akan ada 350 langkah yang dapat terjadi di setiap putarannya. Jika AI buatan Deepmind ini dapat mengalahkan Lee Sedol selama 3x berturut – turut, tentu hal ini sebagai tanda jika program kecerdasan buatan ini dapat menganalisis & memprediksi sesuatu yang sangat rumit melebihi pemikiran manusia. Menarik banget kan, Spacer?

Baca lainnya  Ini Dia 10 Pengumuman Besar Dari Google I/O 2017!

3Spot, Robot Tempur Buatan Google

Source: http://www.dailymail.co.uk/

Siapa sangka jika Google juga mempunyai produk dibidang militer? Salah satu anak perusahaannya yang fokus dibidang robot, Boston Dynamics, mengembangkan sebuah robot militer futuristik, Spot, yang telah diuji coba oleh Marinir Amerika Serikat. Spot memiliki desain berkaki empat seperti ‘anjing‘ yang dikendalikan jarak jauh hingga 500 meter. Robot perang pintar buatan Google ini sangat tangguh disegala medan, seperti di hutan, pedesaan, hingga pegunungan yang terjal. Bahkan mempunyai tingkat keseimbangan yang sangat hebat!

Baca lainnya  5 Game Android Free Terbaik Untuk Nemenin Perjalanan Mudik 2017

Spot diyakini lebih cepat, tangguh, dan efisien dari robot – robot militer sebelumnya. Spot dapat mengidentifikasi mana musuh atau teman dan dapat dioperasikan sangat mudah. Pembuat Spot ini, Ben Swiling, mengatakan mengoperasikan robot ini sangatlah mudah, bahkan anak empat tahun pun dikatakan bisa mengendalikannya. Tentu robot ini bukan hanya untuk masa depan militer saja, tetapi sebagai teknologi untuk bantuan kemanusiaan atau bencana alam di masa depan tanpa mengorbankan pihak manusia lagi.

3 produk ‘Gila‘ diatas tentu bisa jadi masih asing di telinga Spacer. Tapi, produk – produk tersebut buatan Google, lho! Masih berpikir Google hanyalah perusahaan mesin pencari saja? Kira – kira, apa produk diatas yang paling GILA menurut Spacer? Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here