Resmi! Ini Dia Penyebab Utama Galaxy Note 7 Meledak!

Spacer! Mungkin sebelumnya banyak sekali teori – teori bermunculan untuk menebak penyabab utama Samsung Galaxy Note 7 meledak atau terbakar. Namun beberapa hari yang lalu, telah resmi penyebab utama dari Official Samsung. Kasus Samsung Galaxy Note 7 meledak ini sampai saat ini telah 35 kasus diseluruh dunia. 17 kasus di Korea Selatan, 17 kasus di Amerika Serikat, dan 1 kasus di Taiwan.

Dengan melibatkan sekitar 700 engineers dan researcher yang melakukan tes lebih dari 20,000 unit note 7 dan 300,000 baterai akhirnya menemukan titik temu. Apa ya? Apakah teori – teori yang bermunculan tersebut benar? Yuk ini dia Penyebab Resmi Galaxy Note 7 Meledak:

Tidak Ada Masalah Dengan Design Body Note 7, Tapi..

Salah satu dari teori spekulan sebelumnya menyebut design Samsung Galaxy Note 7 sangatlah ‘memaksakan‘. Membuat komponen – komponen didalamnya sangat dempet dan menyebabkan mudah overheat. Tapi hal tersebut tidaklah benar.

Baca lainnya  Deretan Faktor Ini Jadi Alasan Orang Malas Ganti HP Baru

Berdasarkan hasil investigasi dari internal dan investigator independen yang dipublikasikan oleh Samsung Electronics Mobile Chief, DJ Koh, menyebut casing eksternal pada baterai lah yang menjadi penyebab utama Galaxy Note 7 Mudah Terbakar.

Penyebab Resmi Galaxy Note 7 Meledak - 1
Source: https://www.theguardian.com

Desain Casing Eksternal Baterai pada pojok kanan atas dinilai terlalu kecil. Menyebabkan komponen di dalamnya mengalami pembengkokan dan elektroda negatif menekan pojok kanan atas baterai. Desain yang ‘buruk‘ tersebut membuat korsleting dan akhirnya menyebabkan mudahnya terbakar.

Lalu Bagaimana Dengan Baterai Replacement Yang Menimbulkan Ledakan Juga?

Setelah kejadian yang dialami di berbagai negara, Samsung pun sempat melakukan recall dengan mengganti baterai lama yg diproduksi oleh SDI (anak perusahaan Samsung) dengan baterai yang baru (diproduksi oleh Amperex Technology). Namun hasilnya juga terdapat beberapa kasus ledakan yang berasal dari unit recall tersebut. Dalam pernyataan resminya beberapa hari yang lalu, menyebutkan baterai jenis kedua ini terdapat masalah dalam produksinya.

Baca lainnya  Galaxy S8 dan LG G6 Edisi Trasparan
Penyebab Resmi Galaxy Note 7 Meledak - 2
Source: https://www.theguardian.com

Baterai Jenis Kedua ini dinilai terlalu terburu – buru dalam proses produksinya. Menyebabkan terdapat kebocoran oleh tipisnya komponen baterai. Akhirnya elektroda positif dan negatif pun dengan mudah mengalami korsleting.

Tentu dengan diungkapnya penyebab utama Galaxy Note 7 meledak secara resmi ini membuat banyak pihak lega. Karena dengan diketahui penyebab utama ledakan tersebut, tentu pihak Samsung dapat lebih ekstra hati – hati dalam proses produksi untuk kedepannya.

Baca lainnya  Bagaimana Rasanya Memiliki Smartphone Berharga hampir 400 Juta?

Bagaimana Langkah Samsung Untuk Kedepannya?

Dalam konferensi pers-nya juga, tentu pihak Samsung tidak akan berbuat kesalahan yang sama untuk produksi smartphone selanjutnya, terutama untuk produksi Flagship andalannya tahun ini, Samsung Galaxy S8. Dikabarkan, pihak Samsung akan melakukan prosedur pengecekan baterai yang lebih eksta agar mencegah kasus Samsung Galaxy Note 7 ini terulang.

Karena masalah ini, dikabarkan Samsung mengalami kerugian hingga $5.3 Milliar. Wow bukan? Tetapi menurut beberapa analisis, para pelanggan tidak ragu untuk membeli Samsung S8 jika Samsung berhasil menginvestigasi masalah pada note 7.

Apakah setelah kejadian ini, Spacer masih percaya dengan Samsung? Berikan opini Spacer dikolom komentar ya!

Referensi: Sumber 1 & Sumber 2.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here