Robot Gelatin: Robot Yang Bisa Ditelan & Menjadi Obat Pencernaan!

Robot Gelatin Robot Yang Bisa Ditelan Menjadi Obat Pencernaan - featured
Source Photo: https://techcrunch.com/

Spacer! Disini ada yang ingat salah satu cerita dari komik Doraemon tentang ‘Doraemon Mini’ yang masuk ke dalam tubuh Doraemon untuk membetulkan sesuatu? Konsep robot yang masuk ke dalam tubuh digambarkan sebagai konsep futuristik di bidang medis di masa depan. Sepertinya tidak lama lagi, konsep robot ke dalam tubuh akan benar – benar terwujud! Sekelompok ilmuwan asal Swiss menciptakan robot gelatin yang dapat ditelan & masuk ke dalam tubuh manusia! Beneran tuh? Yuk simak berita satu ini!

Robot Gelatin: Robot Yang Bisa Ditelan & Menjadi Obat Pencernaan

Sebelumnya, memang ada beberapa alat kedokteran yang dapat masuk ke dalam tubuh seperti Endoskopi untuk gangguan pada bagian pencernaan. Tetapi, alat tersebut tidak dapat ditelan oleh tubuh. Berbeda dengan alat kedokteran yang dibuat oleh tim ilmuwan asal swiss dari Intelligent Systems Laboratory di Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, yaitu sebuah Edible Robot atau Robot Gelatin yang bisa ditelan layaknya obat dan menjadi obat pencernaan! Robot Gelatin ini panjang 90mm, lebar 20mm, dan tebal 17mm.

Baca lainnya  Robot Ini Bisa Membunuh Bakteri Hingga Superbugs di Rumah Sakit!

Robot Gelatin: Terbuat Dari Actuator Yang Berasal Dari Gelatin

Lalu, bagaimana dengan sistem elektronik robot tersebut? apakah terbuat dari semacam besi atau metal layaknya robot pada umumnya yang terkenal beracun? Ternyata tidak! Dilansir dari Recode, Robot Gelatin tersebut terbuat dari actuator yang berasal dari gelatin. Actuator adalah sebuah komponen yang membuat sebuah mesin untuk bergerak. Actuator dalam Edible Robot atau Robot yang bisa ditelan ini tidak digerakan seperti mesin, melainkan bergerak dengan cairan atau udara yang dapat bereaksi dengan unsur kimia lalu menyebabkan robot ini bergerak.

“I thought that’s very interesting. Food and robots have very different constraints and properties. Even before thinking about what we could make out of them, I though it was a very interesting challenge to see if we can marry these two fields.”

Dilansir dari Techcrunch, Kepala Intelligent Systems Laboratory, Dario Floreano, mengatakan “Saya pikir ini sangat menarik. Makanan dan robot adalah sesuatu (dari) batasan dan material yang sangat berbeda. Sebelum saya berpikir tentang apakah kita dapat membuat robot tersebut, Saya berpikir itu adalah sebuah tantangan yang sangat menarik untuk melihat apakah kita menggabungkan dua hal ini (makanan dan robot)

Baca lainnya  Robot Pengantar Makanan Tanpa Supir di Jalanan San Francisco

Apakah Robot Gelatin Ini Memiliki Efek Samping?

Robot Gelatin Robot Yang Bisa Ditelan Menjadi Obat Pencernaan - 2
Source Photo: https://techcrunch.com/

“Edible robots can be biodegradable, biocompatible, and environmentally sustainable with none or lower level of toxicity”

Menurut Jun Shintake, ketua Tim Ilmuwan tersebut dari Dailymail yang ditulis dari paper buatannya “Robot yang bisa dimakan ini Biodegrable (bisa terurai), biocompatible, dan sekaligus menjaga lingkungan tanpa atau level racun paling rendah” ia juga menambahkan “Actuator dari robot yang bisa dimakan ini, hasil gabungan dari material & elektronik yang bisa dimakan, dapat menjadi fondasi untuk tipe – tipe robot baru yang bisa dimakan nantinya“. Kesimpulannya, robot ini sangat aman karena terbuat dari material – material yang memang dapat dimakan & ramah lingkungan.

Baca lainnya  Gita: Robot serbaguna yang dapat mengikuti kamu berjalan

Tetapi, robot gelatin atau edible robot ini masih dalam tahap uji coba. Robot ini diuji coba dengan sebuah apel. Jika robot ini sukses dapat menggerakkan sebuah apel, maka otomatis robot ini dapat menggerakkan, membawa, dan mengeluarkan ‘sampah – sampah‘ yang ada di pencernaan manusia.

Bagaimana Spacer? Kira – kira robot ini bisa bermanfaat untuk manusia gak ya kedepannya? Yuk kasih tanggapan Spacer di kolom komentar dibawah ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here