Robot Pengantar Makanan Tanpa Supir di Jalanan San Francisco

Robot Pengantar Makanan Tanpa Supir di Jalanan San Francisco - 2
Source Photo: http://interestingengineering.com/

Halo Sobat Spacer! Jika berbicara tentang robot autonomous alias robot tanpa supir, sepertinya sudah mengalami banyak perkembangan yang signifikan. Sebelumnya, Amazon juga telah memulai uji coba mengantar barang dengan drone autonomus . Bahkan di Dubai, telah mulai diuji coba taksi terbang tanpa supir pertama di dunia.

Nah kali ini, rupanya akan ada robot autonomus dibidang lain, yaitu di bidang pengantaran makanan! Yup, Robot Autonomous Pengantar Makanan Tanpa Supir ini akan bersiap – siap menghiasi jalanan San Francisco, Amerika Serikat. Seperti apa robot pengantar makanan tersebut? Yuk siak ulsan berikut ini!

Robot Pengantar Makanan Tanpa Supir di Jalanan San Francisco

Sepertinya di masa depan, dijalanan sekitar mungkin akan dipenuhi oleh robot – robot otomatis pengantar sesuatu, salah satunya adalah dalam delivery services. Baru – baru ini, perusahaan pembuat robot, Marble, bekerja sama dengan aplikasi pembelian makanan online yaitu Yelp’s Eat24 untuk mengetest robot pengantar makanan otomatis ini di jalanan San Francisco. Uji coba test tersebut sudah resmi dilakukan pada tanggal 12 April 2017.

Marble ini adalah sebuah robot pengantar makanan tanpa supir yang dapat menavigasikan dirinya ke alamat pemesan secara otomatis. Pemesanan makanan pun bisa dilakukan melalui aplikasi Yelp’s Eat24. Cara agar dapat diantar otomatis dengan robot ini sangatlah mudah, kamu tinggal memesan makanan dan memasukan alamat kamu. Lalu kamu akan diberi password atau kode ke ponsel kamu untuk dapat mengambil makanan kamu di robot ini. Setelah itu, robot ini akan otomatis kembali ke kantor Marble atau ke restoran lainnya untuk mengantar makanan.

Baca lainnya  Takut Kalah Saing Dengan Robot Pintar? Beberapa Pekerjaan Ini Mungkin Bisa Jadi Alternatif Bagus Buat Kamu Untuk Bekerja

Fitur Dalam Robot Pengantar Makanan Otomatis Marble

Robot Pengantar Makanan Tanpa Supir di Jalanan San Francisco - 1
Source Photo: https://techcrunch.com/

Ternyata robot ini juga dilengkapi dengan fitur – fitur yang canggih lho sobat Spacer! Jika mungkin kalian bertanya, bagaimana jika kondisi makanan di dalam robot tersebut menjadi dingin? Eits. Ternyata nantinya, dilansir techcrunch, robot ini dijanjikan akan dibekali oleh fitur ‘Temperature Control‘. Fitur tersebut berfungsi untuk menjamin suhu udara di kotak penyimpanan di dalam robot tersebut sesuai yang pembeli inginkan.

Baca lainnya  Robot Gelatin: Robot Yang Bisa Ditelan & Menjadi Obat Pencernaan!

Tetapi, Marble sepertinya masih fokus terhadap pengembangan fitur navigasi robot ini sendiri. Saat ini, robot pengantar makanan di San Francisco ini sudah dilengkapi dengan on-board lidar, kamera, dan sensor ultrasonic. Dengan sensor ultrasonic, robot Marble ini dapat memahami kondisi lingkungan sekitar dengan akurat. Jadi, robot ini dijamin tidak akan menabrak objek disekitarnya, baik benda yang diam maupun orang – orang yang melintas. Lalu, robot ini juga bisa digunakan saat siang atau malam hari, menggunakan image resolusi tinggi dan 3-D Maps yang dapat mengidentifikasi trotoar, gedung, dan lainnya.

Baca lainnya  Perancang Skuter Vespa Ciptakan Robot Yang Dapat Membantu Kita Membawa Barang

Marble Bersaing Dengan Kompetitor Lainnya, Starship Technologies dan Dispatch.ai

Industri robot autonomous ini sebenarnya bukan hanya Marble saja. Sudah ada kompetitor lainnya yang bergerak dibidang industri yang sama, seperti Starship Technologies dan Dispatch.ai. Marble juga berkompetitor secara tidak langsung dengan Drone buatan Amazon, Flirtey, dan platofrm delivery makanan Uber, UberEATS.

Nah Spacer, bagaimana dengan robot pengantar makanan tanpa supir atau robot autonomous pengantar makanan di San Francisco ini? Kapan ya di Indonesia akan ada teknology seperti ini? Yah, kita tunggu aja yah Spacer! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here