Robotic Leg Buatan Toyota Untuk Para Lansia atau Penyandang Cacat

Robotic Leg Buatan Toyota Untuk Para Lansia atau Penyandang Cacat - 1
Source Photo: http://learningenglish.voanews.com

Sobat Spacer! Dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi ini, sepertinya membuat hidup manusia semakin mudah & praktis. Selain itu, perkembangan teknologi juga dapat membantu para orang tua lanjut usia (lansia) ataupun penyandang cacat untuk membantu aktifitas sehari – hari agar lebih mudah. Salah satunya adalah Welwalk WW-1000 System, sebuah robotic leg buatan Toyota untuk para Lansia atau penyandang cacat. Penasaran seperti apa? Yuk simak berita berikut ini!

Robotic Leg Buatan Toyota Untuk Para Lansia atau Penyandang Cacat

Salah satu alasan mengapa Toyota membuat Kaki Robot atau Robotic Leg ini adalah di negara asalnya, Jepang, memiliki tingkat populasi lanjut usia yang tinggi. Sekitar seperempat atau lebih dari 26% dari total populasi warga Jepang adalah para lanjut usia yang berumur 65 tahun keatas. Jika dibandingkan dengan populasi lansia secara global yang hanya 8.5%, tentu Jepang mempunyai populasi orang lanjut usia yang sangat tinggi sebesar 26%.

“to reduce the burden on the patient and allows them to engage in training for longer”

Pernyataan dari salah satu Chief Research Officer Toyotan, Toshiyuki Isobe, yang dikutip dari BBC mengatakan “(Welwalk WW-1000 System) untuk mengurangi ketergantungan para pasien (lanjut usia atau penyandang cacat) dan mengijinkan mereka untuk lebih berinterasi saat latihan dalam waktu yang lama)” .

Baca lainnya  5 Pulau Unik Di Jepang Yang Wajib Dikunjungi Oleh Para Wisatawan Dunia (Part 1)

Robotic Leg Welwalk WW-1000 System Yang Mudah Dioperasikan

Robotic Leg Buatan Toyota Untuk Para Lansia atau Penyandang Cacat - 2
Source Photo: http://www.bbc.com/

Welwalk WW-1000 System ini juga adalah hasil pengembangan bersama Fujita Health University Hospital. Robotic Leg ini dilengkapi oleh sensor yang dapat mempelajari bagaimana pasien berjalan dan dapat menyesuaikan dengan beberapa bantuan. Dr Eiichi Saito, Executive Vice President of Fujita Health University, mengatakan tujuan robotic leg ini adalah untuk menawarkan ‘Asistensi Yang Cukup‘ dan membuat para pasien dapat belajar berjalan dengan sendiri.

Baca lainnya  5 Pulau Unik Di Jepang Yang Wajib Dikunjungi Oleh Para Wisatawan Dunia (Part 2)

Seperti yang dilansir dari VOA, Dr Eiichi Saito juga mengatakan Robotic Leg Welwalk WW-1000 ini didesain untuk dipasangkan di salah satu kaki pasien yang mengalami Paralyzed akibat penyakit stroke atau penyakit lainnya. Robotic Leg ini dilengkapi dengan rangkaian motoristik yang dapat menekuk dan meluruskan kaki. Terdapat sensor yang menghasilkan informasi tentang apa yang sedang terjadi dan para staf medis dapat mengontrol system lewat Touch Panel Screen.

Baca lainnya  Kento Momota Akhirnya Kembali Di-Perbolehkan Bermain di Kompetisi Domestik!

Biaya Untuk Robotic Leg Welwalk WW-1000 System

Sampai saat ini, belum ada untuk harga resmi untuk Robotic Leg Walwalk WW-1000 ini, namun, dikabarkan dari Tech Crunch, Robotic Leg ini dipasarkan melalui sistem rental. Dimana sekitar US$9,000 one-time fee atau US$3,200 per bulan jika ingin merental dengan basis bulanan. Toyota dengan Toyota Research Institute Arm terus mengembangkan teknologi – teknologi untuk membatu kehidupan para orang tua lanjut usia atau penyandang cacat.

Nah, bagaimana tanggapan Spacer tentang Robotic Leg buatan Toyota tersebut? Apakah sudah cukup membantu untuk para lansia atau penyandang cacat? Yuk tulis opini kalian di kolom komentar dibawah ! 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here