Samsung Akan Menjual Note 7 ‘Refurbished’?

Samsung Akan Menjual Note 7 'Refurbished' - 2
Source Photo: https://mobilephonecollection.com/

Halo sobat Spacer! Mungkin kejadian yang menghebohkan didunia gadget tahun kemarin masih kuat teringat diingatan kita, yaitu Peristiwa Samsung Note 7 yang sempat menghebohkan seluruh dunia. Bisa jadi diantara Spacer ini masih ada yang berharap ingin mempunyai Galaxy Note 7 karena kemudahan dengan Stylus Pen yang ditawarkan. Nah, jika kamu memang masih mempunyai niat untuk memiliki Samsung Note 7 ini, ada kabar gembira nih! Kabarnya Samsung akan menjual Samsung Note 7 versi ‘Refurbished‘! Wah beneran tuh? Simak yuk!

Apa Sih Smartphone Refurbished Itu?

Apa sih Smartphone versi refurbished itu? Smartphone refurbished adalah kondisi dimana smartphone dijual kembali setelah direparasi / diperbaiki oleh para produsen smartphone.

Kalian biasanya sering mendengar kan garansi dari sebuah merk smartphone? Dalam beberapa hal, jika smartphone kalian rusak parah maka dapat diganti yang baru. Nah, dalam smartphone yang rusak tersebut direparasi / direkondisi ulang dengan pihak produsen smartphone (bukan teknisi toko biasa lho ya!). Selanjutnya akan dijual kembali oleh para produsen smartphone dengahn harga yang lebih miring.

Baca lainnya  Samsung S8 Siap Meluncur!

Tentu kualitas & standard smartphone versi refurbished bukanlah standard main – main, karena masih dibawah pengawasan langsung oleh para produsen. Karena memang sudah dianggap barang rekondisi atau second, maka harganya pun otomatis lebih murah dibanding versi non-refurbished. Perusahaan smartphone Apple pun juga menjual iPhone versi refurbished, lho!

Samsung Akan Kembali Menjual Note 7 Versi Refurbished

Walaupun serangkaian masalah yang menimpa Samsung Note 7 pada tahun lalu, tetapi hal ini tidak membuat animo masyarakat dunia ingin menggunakan Samsung Note 7. Terutama bagi yang sudah terbiasa dengan Samsung Seri Note. Mengapa deman terhadap Samsung Galaxy Note 7 tetap tinggi? Karena Note 7 ini adalah salah satu smartphone jajaran tercanggih milik Samsung dengan rasa yang berbeda, yaitu terdapat Stylus Pen. Stylus Pen tersebut sangat membantu untuk aktifitas banyak orang, mulai dari Businessman yang butuh pengaplikasian mengedit dokumen hingga designer yang butuh tempat untuk menggambar secara instan.

Baca lainnya  Versi 6 FiLMiC Pro : Tampil Makin Menarik, Fitur Makin Asik

Dilansir The Guardian, Samsung menyatakan bahwa akan menjual jutaan Note 7 versi refurbished. Note 7 tersebut yang direkondisi ulang tersebut adalah berasal dari stock galaxy note 7 yang belum terjual dan note 7 yang dikembalikan oleh customer. Tentu untuk mengeluarkan versi refurbished ini, Note 7 harus mendapatkan izin dari banyak otoritas – otoritas yang sebelumnya melarang penggunaan Samsung Galaxy Note 7 dibeberapa tempat.

Samsung Akan Menjual Note 7 'Refurbished' - featured
Source Photo: https://www.slashgear.com/

Menurut The Verge, Samsung Note 7 Refurbished ini tidak akan berdampak dengan spesifikasi Samsung Galaxy Note 7 yang ditawarkan sebelumnya. Hanya menurut rumor yang beredar, baterainya akan dibuat lebih kecil agar mencegah kejadian sebelum terulang kembali. Karena penyebab kejadian tersebut tahun lalu adalah desain baterai yang buruk dan meyebabkan konslet seperti dalam Statemen Resmi dari Samsung pada January Lalu.

Refurbished Samsung Note 7 Didukung Oleh Organisasi Greenpeace?

Tentu jika stock Samsung Note 7 yang belum terjual ataupun yang dikembalikan dikumpulkan, maka akan menjadikan limbah yang cukup besar. Oleh karena itu, salah satu organisasi dunia yang fokus terhadap alam, yaitu Greenpeace, mendukung langkah Samsung untuk merefurbished Note 7 ini agar tidak menjadikannya sisa limbah yang sia – sia dan dapat merusak lingkungan. Diperkirakan ada 4.3 juta unit Note 7 yang ‘menumpuk‘.

Baca lainnya  Apple Tambahkan Teknologi "Night Shift" Ke Dalam MacOS

Berapa Harga Samsung Note 7 Refurbished?

Walaupun belum ada kabar resmi dari pihak Samsung. Namun menurut India Today, Samsung Galaxy Note 7 Refurbished ini akan dirilis dengan harga 3 – 5 persen lebih murah dari harga sebelumnya. Walaupun masih sebatas prediksi, tetapi masih masuk akal karena agar mencegah penjualan yang terlalu murah dan menyebabkan image premium Note 7 berkurang. Galaxy Note 7 Refurbished ini dikabarkan tidak dijual disetiap negara, melainkan hanya di negara – negara tertentu. Amerika Serikat dikabarkan salah satu negara yang tidak dimasuki Samsung Note 7 Refurbished ini menurut Bgr.

Menurut Spacer, apakah langkah Samsung untuk me-refurbished Note 7 ini adalah langkah yang tepat? Share opini kalian yuk di kolom komentar dibawah ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here