Selain Dolly, 6 Hewan Ini Ternyata Juga Berhasil Di ‘Kloning’ Lho!

Selain Dolly, 6 Hewan Ini Ternyata Juga Berhasil Di 'Kloning' Lho - 5
Source: http://www.businessinsider.com/

Spacer! Ada yang ingat pelajaran biologi sewaktu kalian SD atau SMP tentang Kloning? Apakah ada yang masih ingat? hehe. Yup! Kloning adalah proses menghasilkan individu – individu dari sebuah jenis yang sama secara genetik. Nah, biasanya dalam contoh kloning ini adalah Dolly. Seekor domba atau mamalia pertama yang berhasil di kloning pada tahun 1996. Tetapi apakah Spacer tahu? Ternyata ada beberapa hewan selain Dolly lho yang juga berhasil di kloning. Apa saja ya kira – kira? Ini dia hewan – hewan yang berhasil di kloning selain Dolly!

1Ikan Gurame (Carp Fish) – 1973

Source: http://www.businesspundit.com

Siapa sangka ternyata jauh sebelum Dolly berhasil di kloning, pada tahun 1963 seorang ilmuwan dari China bernama Tong Dizhou, mencoba mengkloning Ikan Gurame (Carp Fish). Walaupun pada percobaan pertama tidak berhasil karena gagal memasukkan DNA dari ikan gurame jantan ke betina. Tetapi, pada tahun 1973, ia mecoba lagi untuk mengkloning sejenis Ikan Gurame dan berhasil! Jurnal ilmiah Tong Dizhou hasil karya kloningnya ini dikabarkan belum pernah di translate ke dalam Bahasa Inggris.

Baca lainnya  5 Partikel Termahal di Dunia, Yang Paling Mahal 81.000 Triliun Rupiah!

2Tetra- Monyet – 1999

Source: http://www.businesspundit.com/

Tetra adalah hewan primata pertama di dunia yang berhasil di kloning dengan metode kloning “Embryo Splitting“. Tetra lahir pada bulan Oktober 1999 karena eksperimen dari  Oregon National Primate Research Center. Kloning pada hewan primata ini bertujuan untuk kepentingan medis di masa mendatang, seperti mengetahui lebih dalam tentang penyakit diabetes pada manusia. Seperti yang kita ketahui, monyet adalah salah satu hewan yang memiliki banyak kesamaan dengan manusia.

3Kelinci – 2003

Source: http://www.businesspundit.com/

Pada tahun 2003, ilmuwan Agronomy Research Institute (INRA), Prancis, berhasil mengkloning seekor kelinci. Tetapi sayang, kelinci tersebut tidak diberi nama oleh ilmuwan tersebut. Kloning kelinci ini ditujukan untuk kepentingan medis di masa depan. Karena sama seperti monyet, kelinci juga memiliki beberapa kesamaan identik seperti manusia, contohnya adalah penyakit. Jadi, di masa mendatang, ilmuwan berharap dapat menemukan solusi – solusi dari penyakit yang diderita oleh manusia yang diuji coba terlebih dahulu ke seekor kelinci.

Baca lainnya  7 Bintang Terbesar Di Alam Semesta: 2,000 Kali Lebih Besar Dari Matahari Kita!

4Dewey – Rusa Ekor Putih – 2003

Source: http://www.sitnews.us/

Pada 23 May 2003, ilmuwan dari Texas A&M University berhasil mengkloning seekor rusa ekor putih yang diberi nama Dewey. Dewey sendiri berasal dari jaringan kulit seekor rusa yang tewas diburu di Texas. Keberhasilan ini juga membuat Dewey menjadi rusa ekor putih yang berhasil di kloning. Hingga saat ini, Dewey masih hidup di College Station, Texas.

5Promotea – Kuda – 2003

Source: http://www.zangersheide.com

Ternyata, hewan yang berukuran lumayan besar ini juga berhasil di kloning lho! Pada tahun 2003, ilmuwan dari Laboratory of Reproductive Technlogy, Italy, berhasil mengkloning seekor kuda yang dinamakan Promotea. Promotea berasal dari jaringan induknya dan menjadi kuda pertama yang berhasil di kloning.

Karena keberhasilan Promotea ini, membuat para ilmuwan lebih mencoba untuk mengkloning kuda lainnya. Salah satunya adalah pada tahun 2006, ilmuwan berhasil mengkloning seekor kuda untuk Barrel Racing (sebuah kompetisi kuda di U.S) yang diberi nama Scamper. Lalu, pada tahun 2013, seorang pemain polo dunia, Adolfo Cambiaso, memenangi pertandingan di sebuah turnamen yang menggunakan kuda hasil cloning, yaitu Show Me.

6Snuppy – Anjing Afghan Hound – 2005

Source: http://www.businessinsider.com/

Pada tahun 2005, ilmuwan dari Seoul National University, Korea Selatan, berhasil membuat kloning pertama untuk hewan Anjing. Anjing yang di kloning adalah anjing tipe Afghan Hound atau yang biasa disebut anjing untuk bangsawan. Anjing tersebut diberi nama Snuppy. Snuppy terlahir dari kloning yang berasal dari sebuah jaringan di telinga seekor anjing afghan hound yang berumur sekitar 3 tahun. Keberhasilan ini juga membuat peristiwa kloning ini dinobatkan menjadi “Most Amazing Invention 2005” oleh Time Magazine.

Baca lainnya  Cat Rumah Ini Bisa Memberikan Energi Listrik Untuk Rumah Kalian!

 

Nah bagaimana Spacer? Ternyata selain Dolly yang sering menjadi contoh di buku pelajaran, ada juga ya hewan – hewan lainnya yang berhasil di kloning. Terlepas dari pro dan kontra mengenai kloning, tetapi pada dasarnya kloning terjadi karena perkembangan teknologi yang pesat. Yah, semoga saja bisa bermanfaat buat kehidupan manusia di masa mendatang ya!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here