Sumber: CarMagazine

Hai Spacers, taukah kamu arti dibalik kata Shooting Brake, istilah tersebut sudah dipakai sejak cukup lama oleh merek mobil, salah satunya ialah Mercedez Benz, pada model CLS Shooting Brake. Shooting Brake merupakan istilah yang digunakan pertama kali di Inggris, yang berarti kendaraan untuk mengangkut peralatan dan perlengkapan, yang diadopsi hingga saat ini, menjadi arti yang sedikit berubah, yaitu station wagon. Pada era modern, istilah shooting brake, memberikan suatu kelebihan tersendiri dalam segi harga, karena pajak yang dikenakan berbeda dari model sedan, yang jelas lebih mahal pajak, dan harga akhirnya, perhitungan tersebut berlaku di Indonesia.

Pada tahun ini, dalam event Geneva Motor Show, Porsche mengenalkan mobil terbaru yang mengusung konsep shooting brake, model tersebut diambil dari model Panamera Sport, dan diberi nama Panamera Sport Turismo. Jika dilihat sepintas, perbedaan yang ada jelas pada bagian tengah ke belakang, dimana awalnya merupakan sedan, sekarang terlihat seperti hatchback. Porsche mengatakan Panamera Sport Turismo ini memiliki atap yang lebih panjang kebelakang, membuat ruang penyimpanan semakin besar, yaitu sebesar 520 liter.

Mobil ini memiliki ukuran panjang 5 meter dan lebar hampir 2 meter, yang artinya apabila kamu melihat secara langsung, mobil ini bukanlah mobil yang terlihat kecil. Panamera Sport Turismo menggunakan Velg 21 Inchi, dengan berbagai macam pilihan model Velg.

Sumber: CarMagazine

Performa mesin pada Panamera Sport Turismo ini pun dapat dikatakan impresif, dari berbagai pilihan model mesin, tenaga dari mesin model paling rendah yaitu 330 Horse Power, hingga spesifikasi tertingginya, yang menggunakan fitur E-Hybrid, mendapatkan 550 Horse Power, dari kombinasi mesin turbo dan mesin listrik. Panamera Sport Turismo ini dapat melaju 0-60 mph hanya dalam waktu 3,8 detik, dan kecepatan maksimal 190 mph.

Untuk rincian mesin dan performanya:

  1. Panamera 4 Sport Turismo 330hp
  2. Panamera 4 E-Hybrid Sport Turismo 462hp
  3. Panamera 4S Sport Turismo 440hp
  4. Panamera 4S Diesel Sport Turismo 422hp
  5. Panamera Turbo Sport Turismo 550hp

Fitur lebih yang ditawarkan pada versi Shooting Brake ini yaitu konfigurasi tempat duduk baris kedua, dimana kamu dapat memuat 3 orang di baris kedua, dengan konfigurasi 4+1. Berbeda dari Panamera sedan, dengan konfigurasi 4 seaters. Namun opsi untuk mendapatkan konfigurasi tempat duduk 4 seaters juga tersedia sebagai opsi tambahan. Selain itu, Panamera Sport Turismo ini tentunya memiliki Panoramic Sunroof, semakin memanjakan pengemudi maupun penumpang belakang. memberikan feel dapat melihat 360 derajat.

Panamera Sport Turismo ini juga memiliki Spoiler yang dapat meningkatkan downforce sebesar 50 Kg, ketika dalam posisi naik. Tentunya memberikan tambahan estetika yang menarik untuk dilihat ketika posisi spoiler sedang naik. Mobil ini tentunya juga memiliki Air Suspension, yang berfungsi untuk menaik-turunkan tinggi body ke tanah, fitur yang sangat berguna ketika ingin memaksimalkan performa Panamera Sport Turismo.

Nah itu dia Spacers, segala hal mengenai Porsche Shooting Brake, Panamera Sport Turismo, semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here