Siap – Siap, iPhone ‘Made in India’ Akan Meluncur Tahun Ini !

Apple Made in India Meluncur
Source: http://www.cultofmac.com

Spacer! Pastinya dari Spacer, pasti ada kan yang memakai gadget atau smartphone dari Apple ini? Ya, iPhone! Nah, jika saat ini sebagian besar produk dari Apple adalah ‘Made in China‘. Baru – baru ini akan ada rencana baru dari Apple, yaitu iPhone ‘Made in India‘ akan diluncurkan pada tahun ini! Kira – kira apakah ada perbedaannya gak ya, Spacer?

Telah Resmi, Apple Akan Meluncurkan iPhone Made in India Tahun Ini

Dikutip dari CNN, Pemerintah India & Pihak Apple telah menyetujui rencana pembuatan Apple di India. Menteri Teknologi & Informasi India, Priyank Kharge, menyebutkan Apple sudah dapat merakit iPhone secepatnya pada bulan April mendatang. Pabrik pembuatan Apple tersebut akan dioperasikan oleh Wistron, supplier Apple yang bermarkas di Taiwan.

Baca lainnya  Samsung Akan Menjual Note 7 'Refurbished'?

Pembangunan pabrik di India sekaligus perakitan iPhone di India juga salah satu usaha Apple untuk memenuhi permintaan pasokan iPhone di negara tersebut. Perlu diketahui, India adalah salah satu pasar penting Apple secara global. Dimana negara tersebut juga menjadi tujuan utama bagi perusahaan gadget lainnya, seperti Samsung & Xiaomi.

Mengapa Apple Memilih India Sebagai Basis Perakitan iPhone Mendatang?

Apple Made in India Meluncur - iPhone
Source: http://www.patentlyapple.com

Mungkin Spacer ada yang bertanya, kenapa sih kok Apple memilih membangun pabrik iPhone-nya di India? Kenapa ya? Jadi, India adalah salah satu negara yang diprediksi menjadi salah pasar utama bagi teknologi di masa depan. Perusahaan teknologi start up hingga gadget seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga Lenovo juga mulai fokus menargetkan India sebagai pasar yang empuk.

Baca lainnya  Versi 6 FiLMiC Pro : Tampil Makin Menarik, Fitur Makin Asik

Dengan membangun pabrik di India, tepatnya dikawasan Bengaluru, tentu dapat memotong proses rantai produksi (supply chain) di negara tersebut. Dirangkum dari indianexpress, salah satu langkah strategis ini dapat membuat harga produksi dan jual iPhone di Apple dapat ‘diturunkan‘. Sehingga, Apple dapat menawarkan harga yang terbaik untuk pasar di India. Menurut kabar beredar, kemungkinan Apple akan juga memproduksi iPhone 8 mendatang di India ini.

Pihak Apple pun mendapatkan ‘Tax Holidays‘ alias tidak dipungut pajak sementara jika membangun pabrik di India selama 15 tahun. Tentu momentum ini pastinya dimanfaatkan oleh Apple demi investasi jangka panjang di negeri tersebut. Menurut Berita Hati, Apple berhasilk menjual 2.5 juta unit iPhone di India pada tahun 2016. Walaupun angka tersebut masih kurang banyak jika dibandingkan dengan para kompetitor Apple di India. Karena Apple baru menduduki peringkat ke – 10 dalam hal penjualan Smartphone di India tahun lalu.

Baca lainnya  Ternyata Dua Perusahaan Raksasa ini Pernah Gagal loh!

Bagaimana Dengan Kualitas? Apakah akan perubahan?

Nah, mungkin ini juga menjadi pertanyaan dari Spacer. Kira – kira, bagaimana dengan kualitas? Apakah ada perbedaan? Untuk pertanyaan ini, Spacer tenang saja, kok! Karena tidak akan ada dampak penurunan kualitas di iPhone Made in India nanti. Tentunya, Apple beserta suppliernya mempunyai standard & kualitas yang tinggi. Tentu, hal ini tidak akan berdampak kepada masalah kualitas gadget iPhone buatan India nantinya.

Apakah Spacer punya komentar lainnya? Yuk, jangan ragu berikan komentar kamu di kolom komentar ya! 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here