Smartphone Kamu Tiba-Tiba Panas? Mungkin Beberapa Hal Ini Jadi Penyebabnya!

Sobat SPACERS, mungkin ketika sedang asyik bermain HP, kalian mungkin pernah “kaget” ketika HP kalian tiba-tiba jadi panas dengan sendirinya. Padahal, kalian merasa kalau kalian sedang tidak membuka aplikasi tertentu, HP kalian tidak overcharged, atau bahkan kalian tidak sedang menggunakan smartphone kalian! Wah, pasti seram ya ketika kita merasakan kalau HP kita tiba-tiba jadi panas. Memang, tidak dapat dipungkiri kalau sekarang ini, banyak orang jadi takut ketika HP-nya mendadak panas. Tentu kita ingat kasus yang mendera salah satu smartphone canggih buatan Samsung, yaitu Samsung Galaxy Note 7, dimana banyak pengguna-nya menyampaikan keluhan kalau Samsung Note 7 mereka meledak dengan sendirinya. Dan, sebagian dari mereka melaporkan kalau sesaat sebelum meledak, Samsung Galaxy Note 7 mereka tiba-tiba “panas” dengan sendirinya. Tidak hanya Samsung Note 7, banyak kejadian smartphone merek lain yang juga tiba-tiba “meledak” setelah sebelumnya temperatur dari smartphone itu meningkat. Nah, setelah kasus ini, banyak pengguna smartphone jadi ketakutan ketika mereka tahu smartphone mereka mendadak panas.

Baca lainnya  Inilah Yang Terjadi Dengan Baterai HP Sesaat Sebelum Meledak

Nah, tapi jangan takut dulu guys! Bisa jadi beberapa faktor di bawah ini jadi penyebab HP kamu tiba-tiba panas. Mau tahu faktor apa saja itu? Yuk kita ikuti ulasannya berikut ini!

Memakai Smartphone Ketika Kita Yang Jauh dari Kota

Sumber : Reference.com

Mungkin kalian sedikit bingung dengan faktor ini. Tapi, ternyata memang hal ini jadi salah satu faktor yang bisa bikin HP kalian cepat panas, lho! Para ilmuwan mengatakan bahwa kebanyakan pusatt jaringan seluler ada di daerah perkotaan. Dan, ketika kita tinggal jauh dari kota, otomatis jarak antara jaringan pusat dengan jaringan yang diterima oleh smartphone kita akan semakin jauh. Hal ini akan membuat smartphone kita bekerja “ekstra keras” untuk mencari jaringan tersebut, dimana, ketika daya kerja smartphone meningkat, maka hal ini akan meningkatkan suhu baterai dari smartphone kita sendiri. Sehingga, tidak heran kalau smartphone bisa tiba-tiba panas ketika kita sedang menggunakannya saat kita sedang jauh dari perkotaan.

Baca lainnya  Deretan Faktor Ini Jadi Alasan Orang Malas Ganti HP Baru

Charger Dengan Daya Arus Yang Besar

Sumber : The Droid Guy

Nah, sobat SPACERS, tentu sudah jadi rahasia umum kalau melakukan charging pada HP kita akan meningkatkan suhu di dalam baterai dari smartphone itu. Tapi, kenaikan suhu ini justru bisa jadi lebih besar kalau kalian menggunakan charger yang daya arusnya besar. Hal ini karena semakin besar daya arus atau ampere dari charger tersebut, maka energi yang diterima oleh HP kita akan semakin besar lagi. Hal ini khususnya harus lebih diperhatikan oleh kalian yang menggunakan smartphone yang mempunyai kemampuan fast-charging, seperti Samsung Galaxy S6 dan Oppo R5.

Baca lainnya  Samsung S8 Siap Meluncur!

Nah, sobat SPACERS, hal-hal diatas bisa jadi penyebab kenapa HP kamu mendadak jadi panas. Tapi, ternyata masih ada lagi lho penyebab lainnya. Hmm….kira-kira apa lagi ya? Tunggu ya pembahasannya di artikel selanjutnya!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here