Space X Membuat Sejarah: Meluncurkan Kembali Roket Bekas Pakai!

Space X Membuat Sejarah Meluncurkan Kembali Roket Bekas Pakai - 2
Source Photo: https://www.mytechbits.com/

Halo Sobat Spacer! Bagi Spacer yang suka dengan dunia teknologi & science luar angkasa, pastinya tau dong tentang Space X? Salah satu perusahaan bentukan dari Elon Musk ini membawa kabar baik untuk dunia antariksa. Karena, Space X berhasil membuat sejarah dengan meluncurkan roket ‘bekas‘! Seperti apa beritanya? Yuk simak ulasan berikut satu ini!

Space X Berhasil Membuat Sejarah: Perusahaan Pertama Yang Meluncurkan Roket Bekas Pakai

Space X, perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk lagi – lagi menciptakan rekor di dunia penerbangan luar angkasa. Seperti yang kita tahun lalu, perusahaan Elon Musk ini berhasil meluncurkan roket ke luar angkasa dan mengembalikannya ke Bumi dengan selamat di sebuah pendaratan di laut. Pada kali ini, Space X dengan Roket Falcon 9 Full Thrust (FT), berhasil melakukan peluncuran dan kembali melakukan pendaratan di Bumi.

Baca lainnya  Yuk Mengintip Gigafactory Tesla, Pabrik Raksasa Dengan Luas 126 Acre!

Roket Falcon 9 Full Thrust menjadi roket pertama yang dapat menyentuh luar angkasa lebih dari sekali. Sebelumnya, tidak pernah ada roket yang sudah menyentuh luar angkasa dan bisa dipakai kembali. Karena biasanya roket tersebut sudah hancur di atmosfer bumi jika akan kembali ke Bumi.

Dilansir dari MoneyCNN, Roket Falcon 9 ini juga sambil membawa satelit SES-10. Yaitu sebuah satelit yang berfungsi untuk meng-improve gelombang TV, Radio, Telepon, dan Internet di kawasan Amerika Selatan.

Menggunakan Roket Bekas Pakai Untuk Menghemat Biaya Penerbangan Luar Angkasa di Masa Depan

Space X Membuat Sejarah Meluncurkan Kembali Roket Bekas Pakai - 1
Source Photo: http://www.cityam.com/

Salah satu alasan mengapa peluncuran roket ke luar angkasa baik untuk mengirimkan satelit ataupun logistik ke International Space Station sangat mahal karena selalu menggunakan roket baru terus – menerus. Lain halnya dengan konsep roket milik Space X ini, karena menggunakan sisa roket sebelumnya, otomatis dapat memangkas biaya operasional dan perjalanan peluncuran roket dimasa depan.

Baca lainnya  Konsep Kendaraan Rover Keren NASA Untuk Misi ke Mars 2020

Menurut CNBC, penerbangan menggunakan roket bekas ini dapat menghemat biaya perjalanan luar angkasa hingga US$20 Juta. Pasalnya, biaya peluncuran roket Falcon 9 lalu ini memakan biaya sekitar US$60 Juta dan Space X akan memberikan harga yang lebih murah untuk peluncuran roket lainnya dengan roket bekas pakai ini menjadi US$40 Juta.

Tidak Semua Part Roket Bekas Dipakai Untuk Penerbangan Selanjutnya

Mungkin banyak Spacer yang bertanya, apakah semua komponen roket bekas dari Space X adalah mempunyai komponen yang sama seluruhnya dengan penerbangan sebelumnya? Jawabannya, tidak semua! Ada beberapa komponen yang tidak dipakai lagi dan dipakai kembali.

Baca lainnya  5 Perusahaan Teknologi Ini Siap Untuk Meng-Hack Otak Manusia

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari MoneyCNN, yang dipakai kembali adalah komponen roket pada tingkat satu atau first stage. Roket yang berada di tingkat satu berupa mesin engine yang dapat dipakai kembali.

Menurut Nasa Space Flight, Elon Musk mempunyai target untuk minimal dapat mengoperasikan Falcon 9 ini hingga 10 kali. Jika tanpa ada masalah dalam 10x penerbangan selanjutnya, maka diperkirakan roket ini dapat dipakai hingga 100 kali penerbangan.

Bagaimana tanggapan Spacer tentang roket Falcon 9 dari Space X ini? Apakah kira- kira selain penerbangan pesawat murah, mungkin akan ada penerbangan luar angkasa murah dikemudian hari? hehe.

Share opini kalian di kolom komentar dibawah yuk! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here