Spaces: Berkumpul Bersama Teman Di Virtual Reality buatan Facebook!

Source Photo: http://www.adweek.com/

Spacer! Pastinya Spacer mempunyai akun Media Sosial Facebook kan? Pernahkah Spacer membayangkan jika mengobrol dengan teman bukanlah sekedar berbalas text chat saja? Namun kalian semua dapat bertemu bertatap muka dengan teman Facebook kalian dalam sebuah platform? Bahkan kalian dapat melakukan berbagai ‘aktifitas‘ dalam platform tersebut! Nah, kabar terbaru dari Adweek jika Facebook sedang mengembangkan Spaces. Apa itu Spaces? Yuk Simak berita satu ini!

Spaces: Platform Tatap Muka Virtual Reality Buatan Facebook

Apa sih Spaces? Spaces adalah sebuah platform buatan Facebook yang memungkinkan penggunanya dapat bertemu dengan sesama temannya di dunia Virtual Reality. Tentunya, syarat utama untuk dapat menggunakan platform ini adalah memiliki perangkat Virtual Reality terlebih dahulu. Spaces ini masih dalam tahap beta dan sudah mulai dapat dicoba oleh pengguna Facebook yang memiliki gear VR Oculus Rift. Nantinya, user akan ‘terbawa’ ke sebuah tempat virtual dan dapat bertatap muka virtual dengan teman – teman Facebook kalian.

Baca lainnya  Facebook Akhirnya Uji Coba Tombol Dislike, Untuk Apa? Memerangi Hoax?

Lalu bagaimana langkah awal saat user pertama kali join dalam platform Spaces tersebut? Setiap user yang akan join ke dalam Spaces ini, nantinya akan membuat sebuah animasi kartun 3D sebagai avatar mereka diplatform tersebut. Animasi kartun 3D tersebut berasal dari kumpulan 6 foto anda dan Facebook akan menganalisis dengan Artificial Intelligence (AI) untuk menciptakan Avatar yang sesuai dengan user tersebut.

Tentunya hal ini diyakini akan menjadikan sesuatu yang berbeda & menyenangkan jika Spaces ini sudah secara resmi diluncurkan. Bahkan disebut – sebut sebagai jenis media sosial dimasa mendatang.

Spaces: Akan Merubah Gaya Hidup Di Masa Mendatang?

Sebelum smartphone ‘menguasai’ aktifitas setiap orang, cara manusia berinteraksi satu sama lain lebih didominasi dengan bertatap muka secara langsung. Namun, saat era internet & smartphone ini, manusia lebih aktif bersosialisasi menggunakan media sosial. Mungkin saja dengan adanya Platform Spaces ini, gaya hidup manusia akan dapat sedikit berubah karena efek teknologi VR.

“This is the easiest it’s ever been to bring the real you into VR,” she said. “So when your friends and family join your space, it’s just like really being together.” – Rachel Franklin.

Seperti yang dikatakan oleh Rachel Franklin, kepala tim VR Facebook yang berasal dari EA Art, “Ini adalah cara yang paling termudah untuk membawa kenyataan ke dalam VR. Jadi, ketika teman anda & keluarga bergabung di Space, itu akan benar – benar seperti bersama“. Bisa jadi dimasa mendatang, hal ini dapat mengubah prilaku orang Indonesia saat mudik lebaran? Dimana anggota keluarga tinggal menggunakan VR Spaces ini untuk bertemu satu sama lain.

Baca lainnya  Ini Jadinya Jika Setiap Kelas Menggunakan Teknologi VR di Masa Depan!

Hal Lain Yang Bisa Dilakukan Pada Platform Spaces Buatan Facebook

Ternyata tidak hanya sekedar bertemu dan chatting saja lho di dalam Spaces ini. Avatar 3D kalian dapat melakukan ekspresi seperti senyum dan tertawa dengan bantuan tombol. Kalian juga dapat merasakan ruang virtual 360 derajat, menggambarkan sesuatu, hingga mengambil selfie bersama avatar – avatar 3D lainnya yang dapat diposting di Facebook.

Baca lainnya  Helikopter Buatan Facebook Untuk Menyebarkan Sinyal Internet

Untuk detail lebih jelas seperti apa sih Spaces buatan Facebook ini? Kalian bisa cel video dibawah ini:

Bagaimana tanggapan Spacer dengan Spaces? Apakah kalian tidak sabar ingin berkumpul bersama teman di virtual reality buatan Facebook ini? Yuk tulis tanggapan Spacer di kolom komentar dibawah 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here