Takut Kalah Saing Dengan Robot Pintar? Beberapa Pekerjaan Ini Mungkin Bisa Jadi Alternatif Bagus Buat Kamu Untuk Bekerja

Sobat SPACERS, tidak bisa kita pungkiri lagi kalau perkembangan teknologi sudah mengubah cara hidup mannusia dari yang dulunya serba manual dan tradisional, menjadi otomatis dan serba teknologi seperti pada zaman sekarang ini. Tentunya, hal ini bagus bagi umat manusia karena dengan semakin berkembangnya¬†teknologi dari masa ke masa, maka secara tidak langsung kita sebagai manusia “terbantu” oleh perkembangan tersebut, sehingga kita dapat menemukan atau menguak hal-hal yang pada masa lampau tidak diketahui atau tidak dapat diobservasi oleh manusia. Salah satu contohnya adalah dalam bidang astronomi. Pada zaman dulu, teleskop tidak memiliki fitur secanggih sekarang, sehingga penelitian terhadap objek-objek luar angkasa menjadi terbatas. Namun, sekarang ini, kita sudah dapat meneliti hampir seluruh objek di luar angkasa dengan bantuan teleksop yang sudah memiliki fitur canggih. Bahkan, saat ini, perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para ilmuwan dapat dengan mudah meneliti luar angkasa dan planet-planet lain hanya dengan mengirimkan robot yang akan menjelajahi suatu planet atau benda angkasa lainnya. Nantinya, para ilmuwan tinggal menganalisa data yang dikirimkan oleh robot tersebut. Simpel kan?

Baca lainnya  Kalau Lihat Foto ini Kok Jadi 'KZL' ya?

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi juga telah mempermudah pekerjaan manusia hampir dalam segala bidang. Tapi, ternyata perkembangan teknologi yang terlalu pesat juga dapat berdampak buruk bagi manusia, dimana kemungkinan besar di masa depan, manusia akan kehilangan pekerjaan mereka karena peran mereka digantikan oleh robot. Saat ini pun, banyak perusahaan memutuskan untuk mem-PHK karyawan-nya karena pekerjaan mereka sudah dikerjakan oleh robot. Hal ini pun dapat membahayakan masa depan umat manusia.

Baca lainnya  Anak Berusia 14 Tahun Ini Berhasil Ciptakan ChatBotnya Sendiri!

Nah, tapi jangan khawatir. Beberapa pekerjaan di bawah ini mungkin bisa jadi alternatif bagus buat kalian yang ingin bekerja tanpa takut nantinya posisi kalian akan tergeser oleh robot. Mau tahu pekerjaannya apa saja? Simak bahasannya di bawah ini ya.

Desainer

Sumber : Upwork

Nah, kalau pekerjaan yang satu ini sepertinya masih akan tetap menggunakan tenaga manusia ya untuk waktu yang cukup lama. Hal ini karena desainer merupakan pekerjaan yang memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi, entah itu desainer pakaian, desainer bangunan, dan sebagainya. Dan, kreativitas ini merupakan suatu hal yang “alami” dimiliki oleh manusia, sehingga sangat kecil kemungkinan bakal ada robot yang bisa jadi desainer di masa depan. Nah, untuk kalian para desainer, kalian sekarang bisa rileks ya!

Baca lainnya  Deretan Film "Kontroversial" Ini Dilarang Tayang di Beberapa Negara!

Konsultan

Sumber : AMIS Insurance

Nah, sama seperti Desainer, untuk bisa jadi seorang konsultan handal, entah itu konsultan pajak, konsultan bisnis, atau konsultan lainnya, diperlukan ketelitian, ketekunan, kreativitas, dan kemampuan analisa yang luar biasa. Hal ini karena seorang konsultan biasanya bertugas untuk mengumpulkan data, menganalisis data tersebut, dan mencoba mencari tiik masalah yang terjadi. Setelah itu, barulan mereka dapat memberikan solusi atas masalah yang terjadi. Nah, untuk melakukan semua hal ini, diperlukan tingkat intelejensi yang luar biasa, sehingga kecil kemungkinan sebuah robot (meskipun canggih) dapat melakukan hal-hal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here