Teknologi Giroskop Dapat Hindarkan Kapal dari Kecelakaan

Sumber : Aurosoft

Sahabat SPACERS, pada era sekarang ini, Giroskop memang sudah menjadi teknologi yang umum dan dengan mudah dapat ditemukan di mana-mana. Selain itu, hampir semua smartphone canggih di era sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknologi Giroskop. Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa teknologi ini kurang penting dan kurang berguna dalam hidup mereka. Namun ternyata teknologi giroskop ini memiliki fungsi yang sangat berguna, terutama untuk kapal laut, karena giroskop ini-lah Kapal laut dapat tetap stabil di laut meskipun berlayar di permukaan air laut yang bergelombang dan tidak rata. Nah, kali ini kita akan membahas peran Giroskop dalam menjaga kapal laut tetap stabil dan bagaimana cara kerjanya.

Baca lainnya  Inilah Yang Terjadi Dengan Baterai HP Sesaat Sebelum Meledak

Teknologi Giroskop

Sumber : XDA Developers

Teknologi Giroskop sendiri sudah ada sejak zaman dahulu, tepatnya pada sekitar tahun 1850an ketika teknologi ini ditemukan oleh Leon Foucalt. Giroskop ini sendiri merupakan sebuah alat atau sistem yang dapat menjaga keseimbangan suatu benda dengan konsep bahwa alat tersebut dapat menjadi penyeimbang dengan berputar pada sumbunya sesuai dengan gerakan rotasi bumi. Selain sebagai penyeimbang, Giroskop juga dapat digunakan untuk mencari arah tujuan ketika kapal sedang berlayar di tengah laut. Di era saat ini, Giroskop pun sudah banyak digunakan oleh banyak pihak untuk berbagai tujuan, mulai dari para pelayar yang sedang mencari arah ketika berlayar di tengah laut, pesawat luar angkasa yang sedang menuju stasiun luar angkasa internasional (ISS), ataupun pesawat terbang yang sedang menjari arah (heading) untuk dapat mendarat di tempat tujuan.

Baca lainnya  Berbagai Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Sony Xperia XA1 Cocok Untuk Para Penggemar Fotografi

Giroskop Untuk Kapal Laut

Sumber : Power And Motoryacht

Giroskop ini sendiri merupakan alat penting yang wajib ada di setiap kapal laut. Selain berfungsi sebagai penunjuk dan penentu arah yang dapat mencegah kapal laut tersesat di tengah laut, Giroskop ini sendiri juga berfungsi sebagai alat yang dapat menjaga stabilitas kapal laut ketika berlayar di laut yang permukaannya tidak rata. Dilansir dari website Popular Science, ketika berlayar, kapal akan menyesuaikan gerakannya dengan gelombang atau ombak laut. Ketika hal ini terjadi, maka Kapal dapat menjadi tidak stabil, dimana hal ini dapat menyebabkan kapal menjadi “oleng” dan tenggelam di laut. Namun, dengan teknologi giroskop, air atau ombak laut yang menghantam kapal juga akan menghantam giroskop yang sedang berputar, dimana sumbu vertikal dari giroskop ini akan menyeimbangkan bagian belakang kapal. Sehingga, kapal yang awalnya “oleng” atau tidak seimbang karena hantaman ombak (atau karena berlayar di  permukaan laut yang tidak rata), akan kembali stabil ke posisi semula berkat peran dari giroskop ini. Sehingga, kecelakaan kapal pun dapat terhindarkan.

Baca lainnya  Takut Kalah Saing Dengan Robot Pintar? Beberapa Pekerjaan Ini Mungkin Bisa Jadi Alternatif Bagus Buat Kamu Untuk Bekerja

Nah, sobat SPACERS, ternyata Giroskop ini merupakan alat yang penting ya untuk mencegah kapal “oleng” atau tenggelam di tengah laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here