Ternyata Inilah Arti Angka dan Huruf “Besar” Yang Ada Di Setiap Runway!

Sobat SPACERS, di industri penerbangan, banyak orang berpendapat bahwa pesawat, airport, dan penumpang adalah 3 hal yang utama yang harus dimiliki jika industri ini ingin beroperasi. Artinya, tanpa ketiga faktor tersebut, mustahil industri penerbangan dapat berjalan dan beroperasi secara mulus. Tapi, sebenarnya ada faktor ke-4 (dari ketiga faktor itu) yang sebenarnya merupakan hal paling penting yang harus dimiliki agar industri penerbangan dapat berjalan lancar. Faktor itu adalah Landasan Pacu (Runway). Tanpa runway, pesawat tidak akan pernah dapat lepas landas atau mendarat. Sehingga, runway sebenarnya merupakan faktor paling pentig yang harus dimiliki di industri penerbangan saat ini agar industri ini dapat beroperasi secara lancar.

Number at the End of the Runway

Sumber : Popular Mechanics

Mungkin, tidak banyak dari kita yang tahu kalau sebenarnya di ujung runway dari setiap airport di dunia memiliki angka dan huruf. Angka dan huruf ini ditulis dengan huruf besar dengan tujuan agar pilot dan melihatnya dengan jelas, meskipun di cuaca yang buruk. Angka yang ditulis bervariasi, antara 1-36. Untuk huruf sendiri, biasanya digunakan 3 huruf, yaitu L, C, dan R. Tapi, apa sebenarnya arti dari angka dan huruf ini?

Baca lainnya  4 Video Dimana Youtuber Menggila dengan Fidget Spinner

Ternyata, angka yang ada di ujung dari setiap runway ini melambangkan derajat arah yang searah dengan kompas. Misalkan, apabila di-ujung runway tertulis “18R”, maka runway tersebut mengarah ke selatan sebanyak 180 derajat.

Selain itu, setiap airport biasnya memiliki 2 runway yang jaraknya berseberangan 180 derajat satu sama lain. Misalkan, apabila salah satu runway dinamakan “18L”, maka runway satunya akan diberi nama “36L”. Inilah yang membuat banyak airport di dunia memberikan angka untuk kedua runway nya dengan perbedaan 18 angka diantara keduanya. Karena, apabila runway “18L” mengarah ke selatan, maka runway “36L” akan mengindikasikan bahwa runway itu mengarah ke utara. Hal ini pun berlaku untuk arah lainnya. Misalkan, apabila salah satu runway dinamakan “22L”, maka runway yang satunya akan dinamakan “4L.”

Baca lainnya  Indonesia Punya Tempat Musim Semi yang Keren Abis!

Namun, perlu kita cermati bahwa sistem ini tidak berlaku apabila runway yang dimiliki oleh sebuah airport bersifat paralel. Artinya, kedua runway letaknya tidak berseberangan satu sama lain, melainkan sejajar. Sehingga, apabila runway pertama diberi angka “22”, maka runway kedua juga akan diberi angka “22”. Hal ini karena kedua runway sejajar, dimana keduanya menghadap arah yang sama

Baca lainnya  5 Hal Ini Pasti Pernah Dilakuin Anak 90an!

Huruf pada setiap Runway

Sumber : Stantec

Nah, dalam kasus parallel runway, fungsi huruf memiliki peranan yang lebih penting ketimbang angka. Biasanya, huruf inilah yang menjadi pembeda antara runway yang satu dengna yang lain. Huruf ini menandakan posisi runway terhadpa runway lainnya. Jadi, apabila runway pertama diberi nama “22L”, maka runway kedua akan diberi nama “22R.” Hal ini akan memberitahu pilot bahwa mereka akan mendarat di runway 22 sebelah kiri atau kanan.Sehingga, dalam kasus parallel runway, peran huruf jadi lebih penting ketimbang angka.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here