Ternyata Inilah Fungsi Lubang Kecil Yang Terdapat Pada iPhone

Sumber : All Tech Buzz

Sobat SPACERS, sejak peluncurkan perangkat smartphone iPhone 5 pada tahun 2012 yang lalu, banyak pengguna iPhone dibuat terheran-heran dengan fitur “misterius” yang ditmabahkan oleh Apple ke dalam perangkat tersebut. “Fitur Misterius” ini merupakan sebuah lubang kecil yang terdapat diantara kamera dan lensa flash. Fungsi dari lubang ini pun tidak diketahui. Publik pun dibuat menebak-nebak dan beberapa spekulasi pun muncul. Ada rumor mengatakan bahwa lubang kecil ini merupakan “cacat” yang terdapat pada iPhone yang disebabkan oleh kesalahan yang muncul saat proses men-desain smartphone ini, ataupun saat proses produksi. Selain itu juga, ada rumor lain yang mengatakan bahwa lubang kecil ini merupakan alat khusus semacam kamera yang fungsinya membantu membuat kamera iPhone kita menjadi lebih jernih dan ter-fokus. Tingginya kualitas gambar yang diciptakan dari hasil foto menggunakan kamera Apple pun sempat membuat banyak pihak mempercayai rumor ini. Namun, apakah semua rumor itu tepat?

Baca lainnya  Google Jamboard: Papan Tulis Pintar Google Berbasis Cloud Seharga 65 Juta!
Sumber : NeoPress

Ternyata, rumor-rumor diatas hanyalah rumor belaka. Fungsi sebenarnya dari lubang kecil ini pun akhirnya terungkap. Dan, ternyata, lubang kecil ini sebenarnya adalah sebuah mikrofon “mini.” Mikrofon “mini” ini sengaja dipasangkan ke dalam perangkat iPhone tersebut dengan cara ditanam ke dalam lubang kecil tersebut. Namun, Mikrofon ini bukanlah mikrofon seperti biasanya. Mikrofon ini sengaja diletakkan di lubang tersebut karena memiliki fungsi khusus, yaitu sebagai alat yang dapat menghilangkan suara-suara samar yang dapat terdengar ketika kita sedang menelepon. Fungsi ini pun juga dikenal dengan istilah Noise Cancellation. Mikrofon ini akan menyerap suara-suara luar yang terdengar ketika pengguna iPhone sedang bertelefon, sehingga suara yang didengar oleh pengguna akan menjadi sangat jelas. Selain itu juga, mikrofon “mini” ini juga berfungsi sebagai “filler”, dimana “filler” ini berfungsi sebagai sebuah “saringan” yang dapat membuat suara kita terdengar lebih jernih saat kita sedang melakukan proses perekaman. Selain itu juga, “filler” ini juga membantu memperjelas aksen kita ketika sedang ber-interaksi dengan Siri.

Baca lainnya  Takut Kalah Saing Dengan Robot Pintar? Beberapa Pekerjaan Ini Mungkin Bisa Jadi Alternatif Bagus Buat Kamu Untuk Bekerja
Sumber : Lifebuzz

Mengenai mikrofon “mini” ini, perangkat iPhone sendiri sebenarnya memiliki 3 mikrofon. Ketiga mikrofon ini masing-masing terletak di bagian belakang iPhone, bagian depan iPhone, dan mikrofon yang ditanamkan di lubang kecil diantara kamera dan lensa flash. Mikrofon yang terletak di bagian depan iPhone berfungsi sebagai penghasil suara utama ketika sedang berkomunikasi, sementara mikrofon di bagian belakang iPhone berfungsi sebagai penghasil suara utama ketika sedang memutar lagu, merekam video, dan sebagainya. Sementara, mikrofon yang ditanamkan di lubang kecil tersebut berfungsi sebagai penjelas dan penjernih suara ketika sedang melakukan kegiatan telepon, ataupun ketika penggunanya sedang merekam.

Baca lainnya  Galaxy C10: Smartphone Samsung Pertama Dengan Kamera Utama Ganda?

Nah, sobat SPACERS, akhirnya kita tahu ya fungsi sebenarnya dari lubang “rahasia” ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here