Trik Licik Demi Dapatkan Sertifikasi Sega

Mendapatkan game yang bersertifikasi dari pihak penerbit bukanlah hal mudah. Sebab game akan dilakukan pengujian yang sangat ketat dan bisa jadi gagal dengan kesalahan sekecil apapun. Pada tahun 90-an, salah satu pengembang bahkan menyelinap ke dalam game mereka melalui sertifikasi sega lewat beberapa trik cerdas yang menyamarkan Glitches ke dalam bagian permainan.

Pendiri Tale Traveler, Jon Burton menggambarkan rahasianya dalam sebuah video terbaru (h/t Polygon) yang menjalaskan tentang bagaimana cara dia menyelinap dan menyamarkan kesalahan sebagai rahasia acak. Proses sertifikasi Sega memang sangat ketat,  bisa dikatakan gagal jika mereka melihat game mengalami crashed atau berhenti dalam kondisi apapun. Untuk melewati itu semua, burton menyamarkan gangguan ke dalam pemilihan layar dan bonus level.

Cara mendapatkan sertifikasi ini sebenarnya licik tapi mudah dilakukan. Alih-alih game menyajikan pesan kesalahan spesifik ketika mengalami crashed namun ia justru akan memogram permainannya untuk melakukan tugas tertentu. Di tahun 1994, Mickey Mania sebagai ganti menunjukkan pesan kesalahan, Burton memprogram permainan tersebut melalui sejumlah pengujian secara acak sembari mengklaim menemukan time warp yang tersembunyi. Ia pun mengulangi cara tadi di tahun berikutnya dalam Toy Story versi The Genesis. Saat ini, kesalahan mengirim penguji ke dalam bonus level.

Perbaikan Burton yang paling drastis yaitu pada Sonic 3D Blast pada tahun 1996. Untuk menyamarkan gangguan sebagai fitur game play yang sah, dia menjadikan kesalahan apapun akan dialihkan pada pilihan level layar kemudian memberi selamat pada para pemain untuk bisa menemukan rahasianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here