Voyager, Satelit NASA Yang Sudah Memasuki Kawasan Ruang Antar Bintang!

Voyager Satelit Yang Berjarak 20 Miliar Kilometer Dari Bumi - 2_
Source: https://www.nasa.gov/

Spacer! Jika kita berbicara tentang luar angakasa, tentu sangatlah luas dan tidak akan ada habisnya. Masih banyak misteri – misteri di luar angkasa sana yang sedang dipelajari oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Nah, jika berbicara tentang luar angkasa, maka rasanya terbesit dipikiran tentang Satelit. Kira – kira, ada gak ya objek buatan manusia yang paling jauh dari bumi? Atau apakah ada yang jauh meninggalkan tata surya? Jawabannya ternyata.. Ada! Wah, apa ya kira – kira & sudah sampai sejauh mana ya? Yuk simak artikel satu ini!

Voyager, Satelit Yang Mempunyai Misi Meneliti Planet Jupiter sampai Neptunus!

Voyager Satelit Yang Berjarak 20 Miliar Kilometer Dari Bumi_
Source: http://annesastronomynews.com

Voyager adalah satelit tanpa awak buatan Amerika Serikat (NASA) yang mempunyai misi luar angkasa. Voyager dibuat dengan dua jenis, yaitu Voyager 1 dan Voyager 2. Voyager 1 diluncurkan pada tanggal 5 September 1977 & Voyager 2 diluncurkan pada tanggal 20 Agustus 1977. Walaupun keduanya memiliki perbedaan tujuan awal pada saat dibentuk, yaitu Voyager 1 mempunyai tujuan untuk meneliti Planet Jupiter & Cincin Saturnus. Sedangkan Voyager 2 bertujuan untuk meneliti Uranus & Neptunus.

Baca lainnya  Selain Neil Armstrong, Astronot - Astronot Ini Pernah Mendarat di Bulan Juga!

Keduanya pun juga mempunyai jalur peluncuran yang berbeda. Dimana Voyager Pertama memiliki rute yang lebih cepat dari Voyager Kedua, membuat Voyager 1 mempunyai jarak yang lebih jauh dibanding Voyager 2 yang diluncurkan lebih awal. Voyager 2 mempunyai ‘Jalan Khusus‘ karena harus memanfaatkan gravitasi khusus pada saat bertemu Planet Saturnus untuk masuk ke dalam Orbit Planet Uranus dan Neptunus. Pada saat peluncuran keduanya, juga bersamaan dengan “Planetary Grand Tour“. Dimana sebuah peristiwa secara geometri langka pada planet – planet tata surya yang hanya terjadi sekitar 176 Tahun sekali. Oleh karena itu, sedikit ‘mempercepat‘ kedua voyager tersebut untuk ke Planet Jupiter.

Voyager 1, Sudah Memasuki Ruang Antar Bintang !

Sejak peluncuran kedua voyager tersebut pada tahun 1977, Voyager 1 & Voyager 2 memiliki perbedaan jarak yang lumayan jauh karena rute keduanya yang berbeda dan saling berbeda arah. Pasti banyak dari Spacer nanya nih, kira – kira berapa jauh sih jarak mereka berdua dari bumi? Menurut website resmi nasa untuk Voyager (Per 20 February 2017), Voyager 1 sudah berjarak 20.6 Miliar Kilometer dari Bumi dan Voyager 2 berjarak 17 Miliar Kilometer dari Bumi.

Baca lainnya  Keren Banget, Gedung Milik NASA Ini Memiliki Cuaca Sendiri!
Voyager Satelit Yang Berjarak 20 Miliar Kilometer Dari Bumi - 3_
Source: emaze.com

Voyager 1 yang berjarak 20.6 Miliar Kilometer dari Bumi tersebut sudah diumukan secara resmi oleh NASA bahwa Voyager Pertama tersebut sudah memasuki Kawasan Ruang Antar Bintang atau Interstellar Space! Otomatis, Voyager 1 menjadi objek buatan manusia terjauh yang pernah dibuat & objek dari bumi pertama yang sudah memasuki Ruang Antar Bintang. Voyager 1 pun mempunyai misi baru, yaitu meneliti Heliopause & Medium Antar Bintang. Wah, jauh banget ya, Spacer?

Bagaimana Cara Voyager Terus Beroperasi & Berkomunikasi ke Bumi?

Setelah mengetahui jauhnya jarak kedua voyager tersebut, lantas akan timbul pertanyaan. Bagaimana cara agar Voyager selalu beroperasi & berkomunikasi ke Bumi? Voyager menggunakan Pembangkit Termolistrik Radioisotope (Nuklir). Isotope yang dipakai adalah isotop dari Plutonium.

Baca lainnya  NASA Uji Coba Rompi Anti Radiasi Matahari Untuk Misi ke Mars?

Untuk berkomunikasi, Voyager menggunakan NASA’s Deep Space Network (DSN) dengan antena komunikasi yang hanya 20 watt. Jaringan tersebut membuat Voyager selalu memberikan informasi kepada NASA dalam bentuk Binary. Terdapat software khusus yang dapat membuka kode informasi dari Voyager. Walaupun, hingga saat ini Voyager 1 terlihat lebih aktif dibanding Voyager 2. Dengan jarak yang sangat jauh tersebut, terdapat delay sekitar 17 jam untuk menerima informasi dari Voyager 1 & Delay 14 jam untuk menerima informasi dari Voyager 2. Diperkirakan, Voyager 1 & 2 akan benar – benar mati & kehabisan bahan bakar pada tahun 2020 – 2025.

Itu dia Spacer tentang Voyager, Satelit Buatan Yang Sudah Memasuki Kawasan Antar Bintang. Sangat menarik kan, Spacer? 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here