WAYMO Luncurkan Teknologi Self-Driving Car Terbaru

Sumber : Gizmag

Sahabat SPACERS, Waymo, perusahaan teknologi yang berada di bawah naungan Alphabet Inc., ini baru saja meluncurkan teknologi Self-Driving Car terbarunya pada ajang North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. CEO Waymo, John Krafcik mengumumkan bahwa perusahaannya telah melakukan banyak pengembangan terhadap teknologi Self-Driving Car yang mereka ciptakan ini. Ia percaya dan yakin bahwa suatu hari nanti pengguna Self-Driving Car akan mencapai 1 Juta pengguna di Amerika Serikat.

Di ajang yang sama, Waymo bekerja sama dengan Fiat Chrysler juga akan meluncurkan mobil terbaru yang menggunakan teknologi Self-Driving Car dari Waymo, yaitu mobil berjenis Chrysler Pacifica Minivan. Waymo dan Fiat Chrysler juga berencana untuk meproduksi dan mengembangkan sebanyak 100 unit mobil ini, yang rencananya akan dilengkapi dengan teknologi terbaru dari Waymo, dan akan menjalani serangkaian test atau uji coba di daerah California dan Arizona mulai akhir bulan ini.

Baca lainnya  Produk - Produk 'Gila' Yang Gak Kamu Tau ini, Ternyata Buatan Google!
Sumber : Daily Mail

Pengembangan (Improvements)

Mengenai teknologi Self-Driving Car ini sendiri, beberapa pengembangan (Improvements) telah dilakukan terhadap teknologi Self-Driving Car ini. Pihak Waymo menuturkan bahwa akan terjadi beberapa pengembangan yang dilakukan untuk mengingkatkan kualitas serta kapabilitas dari teknologi Waymo ini. Yakni diantaranya berupa pengembangan terhadap teknologi dan sistem Kamera, Radar, serta teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging).

LIDAR (Light Detection and Ranging) merupakan teknologi canggih berupa sistem radar yang mampu mendeteksi serta melihat benda-benda yang berada di sekitar kendaraan dengan memanfaatkan teknologi Laser 3D. LIDAR ini sendiri dapat dikatakan sebagai “Otak” dari mobil pintar (Self-Driving Car) ini. Adapun teknologi LIDAR ini mampu melihat dan mendeteksi kendaraan-kendaraan lain, pohon, bangunan, bahkan orang-orang yang berada di sekitar kendaraan pintar yang dilengkapi dengan teknologi Waymo. Teknologi LIDAR sendiri merupakan teknologi utama yang menjadi ciri khas dari teknologi Self-Driving Car yang dikembangkan oleh Waymo.

Baca lainnya  Review, Nintendo Switch – Platform Unik Yang Kamu Bisa Pasang Cabut Kapanpun
Sumber : CNN Money

Rencana Awal

Pada awalnya, sebelum Google memutuskan untuk mendirikan Waymo, Google sempat memiliki rencana untuk membuat atau memproduksi mobilnya sendiri, untuk kemudian dilengkapi dengan teknologi Self-Driving. Namun, setelah meluncurkan Waymo di awal bulan desember 2016, Google memutuskan untuk hanya menciptakan dan mengembangkan teknologi nya saja. Nantinya, Google melalui Waymo akan bekerja sama dengan produsen atau perusahaan otomotif lainnya untuk mengembangkan mobil pintar (Self-Driving Car) yang menggunakan teknologi yang dikebangkan oleh Waymo.

Baca lainnya  Xiaomi Ciptakan dan Kembangkan Prosesornya Sendiri

Waymo sendiri berencana untuk mempercepat kegiatan uji coba terhadap mobil pintar (Self-Driving Car) yang menggunakan teknologi Waymo. Harapan bahwa mobil tersebut dapat secepatnya turun ke jalan raya untuk menambah jam terbang serta jarak yang ditempuh oleh kendaraan pintar ini. Hingga kini kendaraan-kendaraan pintar yang dilengkapi dengan teknologi Waymo telah menempuh jarak total sebanyak 2.5 juta mil dimana total jarak yang ditempuh tersebut kebanyakan berasal dari jarak yang ditempuh di jalanan kota (City Streets).

Nah, kira-kira kapan ya mobil pintar (Self-Driving Car) ini bakal masuk ke pasar otomotif di Indonesia? Kita tunggu saja ya!

Sumber : The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here