Wow! Dengan Algoritma, Facebook Akan Melawan Hoax & Terorisme!

Wow! Dengan Algoritma, Facebook Akan Melawan Hoax & Terorisme! 2
Source: https://techcrunch.com

Spacer! Mungkin salah satu isu disekitar kita yang berkembang akhir – akhir ini adalah kabar Hoax. Ternyata, kabar Hoax ini ternyata bukan saja masalah negeri kita saja lho, Spacer! Tetapi sudah menjadi masalah global alias seluruh dunia! Semua pihak diseluruh dunia tentu sedang mencari solusi dari penyebaran berita Hoax yang sulit dihentikan penyebarannya ini, salah satunya adalah perusahaan internet raksasa, Facebook.

Facebook Salah Satu Media Penyebaran Berita Hoax!

Maraknya penyebaran berita hoax di Internet disebabkan karena siapapun dapat menulis konten berita di Internet. Baik dari situs blog maupun status pada social media. Salah satu media yang menjadi sasaran empuk untuk penyebaran berita Hoax ini adalah Facebook. Facebook seperti yang kita tahu adalah social media yang paling banyak digunakan diseluruh dunia, di Indonesia saja, terdapat lebih dari 80 juta pengguna Facebook. Karena mudahnya menggunakan social media Facebook ini, siapapun dapat menulis konten dan menyebar luaskan dengan mudah. Oleh karena itu, penyebaran berita Hoax di Facebook sangat sulit dikendalikan dan dihentikan. Tetapi, Facebook mempunyai langkah baru untuk mengurangi & mencegah penyebaran konten hoax dimasa depan menggunakan Algoritma.

Baca lainnya  Ford Bersiap Kembangan Mobil Tanpa Sopir Dengan Dana $1 Miliar?

Algoritma Baru Facebook Dapat Mengidentifikasi Sebuah ‘Fake News’

Wow! Dengan Algoritma, Facebook Akan Melawan Hoax & Terorisme!
Source: http://www.shawacademy.com

Memperbarui algoritma bukanlah hal yang baru bagi Facebook, karena sebelumnya Facebook beberapa kali memperbarui algoritma yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya. Tetapi pada perubahan algoritma yang baru ini, Facebook lebih fokus kepada mengidentifikasi sebuah berita hoax dan menghilangkan dari newsfeed penggunanya. Menurut Will Chart, Vice President of Product Management di Facebook, dikutip dari Huffington Post, mengatakan “Beragam laporan dari newsfeed, termasuk saat orang melaporkan berita tersebut palsu atau tidak benar. (Hal tersebut) untuk membantu mencegah berita palsu, hoax, atau spam yang muncul di trending

Baca lainnya  Salah Satu Kegagalan Terbesar Microsoft di 2016

Bisa disimpulkan algoritma Facebook yang baru dapat mengidentifikasi sebuah konten yang berasal dari berbagai laporan (report) dari pengguna. Lalu algoritma akan bekerja dengan cara mengidenfikasi laporan – laporan tersebut untuk menentukan apakah berita tersebut berita yang benar atau sebuah hoax. Tentu hal ini adalah langkah yang tepat bagi Facebook untuk mencegah penyebaran konten hoax atau palsu. Terlebih lagi, Facebook selalu disalahkan mengenai penyebaran berita – berita palsu diseluruh dunia.

Fungsi Algoritma Facebook Juga Bisa Untuk Mencegah Bullying hingga Mengidentifikasi Lokasi Teroris

Wow! Dengan Algoritma, Facebook Akan Melawan Hoax & Terorisme! 2
Source: https://techcrunch.com

Founder & Ceo Facebook, Mark Zuckerberg, sudah mempunyai rencana untuk membuat sebuah Artificial Intelligence (AI) yang dapat memfilter sebuah konten. Seperti yang diinformasikan oleh BBC, dirinya menyatakan jika algoritma dapat mengetahui lokasi teroris, perilaku kasar, bullying, hingga mencegah perbuatan bunuh diri. Karena menurutnya, sangat tidak mungkin untuk mereview satu persatu konten dari miliaran konten yang terpublish setiap harinya. Dengan algoritma tersebut juga, user dapat menentukan tipe post mana yang disukai olehnya atau yang tidak suka, lalu algoritma akan bekerja untuk hanya menampilkan post yang user suka saja. Tetapi sayangnya algoritma tersebut baru dapat selesai di develop beberapa tahun kedepan.

Baca lainnya  Handle, Robot Buatan Google Ini Memiliki Keseimbangan Luar Biasa!

Wah semoga Algoritma tersebut secepatnya dapat selesai ya, Spacer. Biar sewaktu kita menggunakan Facebook pun akan lebih nyaman tanpa ada yang share – share berita Hoax lagi, deh! Menurut Spacer, apakah algoritma ini akan bekerja dengan baik? Yuk tulis alasan kalian di kolom komentar ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here