Xiaomi Mulai Produksi Smartphone-nya di Indonesia

Sumber : TeknoPlace.Com

Sobat SPACERS, tentu kalian semua tahu tentang merek smartphone Xiaomi, bukan? Ya! Memang kita sudah beberapa kali membahas mengenai produk-produk smartphone Xiaomi yang canggih-canggih. Xiaomi sendiri telah berhasil menjelma menjadi salah satu perusahaan smartphone terbesar di dunia, dengan kesuksesan-nya menjual smartphonenya ke seluruh dunia. Kesuksesan Xiaomi, terutama di pasar asia, tentu menjadi ancaman tersendiri bagi para pesaingnya, baik dari luar negeri, ataupun para pesaingnya yang berasal dari negeri tirai bambu.

Sumber : TeknoPlace.Com

Tapi, sebenarnya faktor apa yang mampu membuat Xiaomi mencapai kesuskesan seperti sekarang ini? Ternyata, salah satu faktor nya adalah kemampuan Xiaomi untuk memproduksi smartphone dengan fitur canggih, namun dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone Xiaomi dijual dengan harga yang tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone lainnya yang dipatok dengan harga “premium”, alias harga yang tinggi. Namun, satu hal yang membuat Xiaomi suskes adalah kemampuan Xiaomi untuk mematahkan stereotip yang banyak dipercaya oleh masyarakat luas bahwa “Murah Pasti Jelek.” Stereotip ini memang melekat sekali di benak setiap orang, dimana kita biasanya meragukan segala sesuatu benda, khususnya benda elektronik, yang dijual dengan harga murah. Namun, ternyata Xiaomi mampu membuktikan bahwa stereotip ini salah dengan memproduksi smartphone berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Hal ini pun membuat banyak masyarakat, terutama mereka yang tinggal di kawasan asia, tertarik untuk membeli dan mencoba smartphone ini. Hasilnya, Xiaomi pun mendapatkan respons positif, dimana banyak penggunanya memuji kapabilitas smartphone Xiaomi yang fitur-fiturnya ternyata tidak kalah dengan smartphone “kelas atas” lainnya.

Baca lainnya  5 Pulau Unik Di Jepang Yang Wajib Dikunjungi Oleh Para Wisatawan Dunia (Part 1)
Sumber : AndroidPIT

Selain itu juga, faktor lain yang membuat Xiaomi mampu menekan “cost” atau biaya produksi smartphone-nya serendah mungkin adalah dengan memproduksi smartphone tersebut di negara yang upah minimum-ya cenderung rendah, namun potensi pasarnya besar. Dan, Xiaomi pun berhasil meng-eksekusi strategi ini dengan memproduksi smartphone ini di China dan India. Seperti kita ketahui bahwa “labor cost” di China dan India masih cenderung tergolong rendah, sehingga tidak heran apabila banyak perusahaan-perusahaan luar yang memproduksi produk mereka di negara-negara ini, untuk kemudian di ekspor ke negara lain. Tidak hanya itu, potensi pasar di kedua negara ini pun sangat besar. Maklum, China dan India merupakan 2 negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Baca lainnya  Evolusi Industri Smartphone Global Dari Dulu Hingga Sekarang

Nha, baru-baru ini, Xiaomi akhirnya melebarkan sayap bisnis-nya dengan mulau memproduksi smartphone-nya di Indonesia. Keputusan ini diambil karena pihak Xiaomi melihat bahwa selain potensi pasarnya yang besar, jumlah pengguna Xiaomi di Indonesia pun terus meningkat. Sehingga, Xiaomi memutuskan untuk memulai produksi smartphonenya di Indonesia. Untuk memulai operasinya di Indonesia, Xiaomi melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan lokal, seperti PT. Erajaya Swasembada Tbk, PT.Sat Nusapersada Tbk, dan TSM Technologies. Smartphone Xiaomi ini sendiri akan diproduksi di pabrik yang berada di Batam. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan Xiaomi di Indonesia dan juga dapat mempermudah sistem distribusi smartphone ini di pasar Indonesia.

Baca lainnya  Para Selebritis Ini Layak Sandang Titel "Bergelimpangan Harta Sejak Lahir"

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here