Yuk Kreasikan Sampah di Rumahmu!

Banyak orang yang tidak suka dengan barang rongsokan. Hal ini cukup wajar karena memang barang rongsokan sering dikaitkan dengan barang-barang rusak, kotor, dan tidak berguna. Namun, hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Berbagai benda yang telah tidak dipakai ini dapat disulap menjadi barang bermanfaat dan bernilai lebih. Spacer bahkan bisa menjadikannya sebagai bisnis kreasi daur ulang. Sudah banyak orang yang sukses memperoleh banyak penghasilan karena menjalani bisnis ini. Barang rongsokan apa aja sih yang bisa disulap menjadi barang berharga. Berikut 5 barang rongsokan yang dapat diubah menjadi barang berharga.

1Ban bekas

Sumber : Wonderful DIY

Ban mobil atau motor kamu sudah aus? Ban yang sudah aus bisa disulap menjadi berbagai barang. Ban luar bisa dijadikan sandal. Sandal ban ini dijamin awet dan tahan air. Sedangkan ban dalam bisa dibuat menjadi dompet. Ban-ban ini juga bisa dibuat menjadi beragam pernak pernik seperti gantungan kunci. Kesuksesan daur ulang ban bekas ini sudah dibuktikan oleh warga Salatiga, Jawa Tengah. Produk mereka bahkan telah berhasil diekspor ke luar negeri. Siapa sangka bisnis daur ulang ban ini bisa sesukses itu dan menyejahterakan warga sekitar?

Baca lainnya  3 Proyek DIY Kece Buat Dekorasi Kamar Kesayangan Kamu

2 Besi bekas

Sumber : Darice

Besi-besi bekas yang sudah tidak terpakai biasanya karatan dan kotor. Namun, jangan sepelekan besi-besi bekas ini. Jika kalian kreatif, kalian bisa mengubah kaleng bekas, tutup botol dan besi bekas lainnya menjadi karya seni. Seorang seniman besi asal Malang telah berhasil membuat karya seni fenomenal dengan cara mendaur ulang sampah besi. Selain menjadi karya seni, Spacer juga bisa menyulang kaleng besi menjadi gantungan kunci, serok sampah, dan barang bermanfaat lainnya.

Baca lainnya  5 Perusahaan Teknologi Ini Siap Untuk Meng-Hack Otak Manusia

3Koran bekas

Sumber : Hometalk

Koran bekas dapat diubah menjadi berbagai benda yang lebih bermanfaat. Selain digunakan untuk membuat kertas daur ulang, koran juga bisa digunakan untuk membuat berbagai benda. Beberapa diantaranya adalah box tissue, kotak penyimpanan, alas piring, dan lain sebagainya. Untuk membuatnya, Spacer membutuhkan kertas koran yang telah dipilin dan dilem, gunting, cat, dan lem. Setelah itu, kalian dapat menganyamnya menjadi berbagai benda.

Baca lainnya  5 Perusahaan Teknologi Ini Siap Untuk Meng-Hack Otak Manusia

4Bungkus makanan

Sumber : Boulder Locavore

Bungkus plastik dari produk makanan, detergen, dan produk lainnya dapat diubah menjadi berbagai benda. Beberapa diantaranya adalah tas dan dompet. Dengan tambahan resleting, kain lapisan dalam tas, dan keahlian menjahit, kalian dapat mengubah bungkus bekas ini menjadi kerajinan unik.

5 Botol air mineral bekas

Sumber : Brudiy

Botol air bekas dapat didaur ulang menjadi berbagai hal unik yang dapat mempercantik rumah. Selain bisa diubah menjadi hiasan, benda rongsok ini juga bisa dijadikan pot, kotak pensil, mainan, dan lain sebagainya.

Barang rongsokan mana yang ada di rumah Spacer? Yuk berkreasi dan jadikan benda-benda tersebut lebih bernilai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here